Kena Macet Saat Libur Panjang? Lakukan Hal Ini Agar Tetap Bugar

DokterSehat.Com– Banyak orang yang sengaja melakukan perjalanan jauh saat libur panjang seperti saat Natal dan Tahun Baru sekarang ini. Tak hanya mudik ke kampung halaman, perjalanan jauh juga dilakukan untuk berwisata ke berbagai tempat. Sayangnya, banyaknya orang yang melakukan perjalanan jauh ini membuat jalan menjadi sangat padat atau macet.

doktersehat-menyetir-mobil-lelah

Tak hanya membuat penat, kemacetan panjang juga akan membuat kita merasa pegal-pegal atau kelelahan. Berikut adalah beberapa trik yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh tetap bugar meskipun sedang terkena kemacetan.

Menyalakan musik
Cara pertama yang mudah untuk kita lakukan saat sedang jenuh tatkala macet adalah mendengarkan musik. Pakar psikofisiologi bernama Stephen Fairclough menyarankan kita untuk mendengarkan musik yang easy listening atau jazz yang bisa membuat emosi kita tetap tenang meskipun sedang terkena kemacetan.

Selalu siapkan camilan atau minuman
Tak hanya bosan, kadangkala kita merasa lapar atau haus saat kemacetan tiba. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu mempersiapkan air minum atau camilan sehat layaknya kacang-kacangan dan buah yang baik atau menyehatkan untuk dikonsumsi dan mencegah dehidrasi. Hanya saja, jangan minum dengan berlebihan karena bisa membuat kita ingin buang air kecil. Padahal, kondisi macet akan membuat kita kesulitan untuk mencari toilet umum, bukan?

Buka jendela
Banyak orang yang sengaja menutup jendela mobilnya karena tidak ingin merasakan gas buang kendaraan mobil lain saat macet. Padahal, udara di dalam mobil ternyata 40 kali lipat lebih kotor saat terkena kemacetan. Untuk mengakalinya, atur AC dalam mode recirculate yang ditandai dengan tombol bergambar panah. Selain itu, bukalah jendela setiap 15 hingga 20 menit sekali agar udara bisa bersirkulasi dengan baik.

Lakukan peregangan
Jika macet sangat parah hingga berhenti total. Keluarlah sebentar dan lakukan peregangan agar tubuh tetap dalam kondisi bugar.