Kemoterapi – Ulasan Singkat

DokterSehat.Com– Kemoterapi adalah pengobatan yang menggunakan obat-obatan untuk merusak atau membunuh sel-sel kanker; kemoterapi juga dapat mengurangi gejala kanker, menjaga penyebaran kanker, dan dalam beberapa kasus, menyembuhkan kanker.

doktersehat-kemoterapi-kanker

Kemoterapi digunakan untuk membuat tumor lebih kecil, menghancurkan sel-sel kanker yang tersembunyi yang mungkin tetap berada di dalam tubuh setelah operasi (tidak ikut terambil pada prosedur operasi), membantu terapi radiasi (sinar) dan membantu kinerja terapi biologi yang lebih baik, dan menghambat dan/ atau menghancurkan sel-sel kanker yang berulang atau telah menyebar ke area lain dari tubuh (metastasis kanker).

Ada banyak puluhan obat kemoterapi yang berbeda; pilihan obat tergantung pada jenis kanker dan kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan.

Ada banyak jenis pusat pengobatan kemoterapi; Anda yang dapat diobati di rumah, di kantor dokter, di klinik sebagai pasien rawat jalan, di rumah sakit atau selama tinggal di rumah sakit.

Dosis Kemoterapi dan frekuensi pengobatan tergantung pada jenis kanker dan stadium kanker, jenis obat kemoterapi, bagaimana tubuh bereaksi terhadap kemoterapi dan tujuan pengobatan; kemoterapi sering diberikan dalam siklus (misalnya, satu minggu kemoterapi dan tiga minggu istirahat/ pemulihan).

Kemoterapi dapat disesuaikan jika pasien melewatkan dosis kemoterapi.

Kemoterapi dapat diberikan dengan berbagai cara seperti injeksi ke otot, intra-arteri, intraperitoneal, intravena, topikal atau oral; dan beberapa kemoterapi dapat diberikan melalui port atau pompa.

Kemoterapi memiliki efek yang berbeda kepada setiap orang; pasien mungkin perlu bantuan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari selama dan setelah beberapa sesi kemoterapi.

Pasien mungkin perlu berbicara dengan atasan mereka di tempat kerja tentang penyesuaian diri dengan pekerjaan supaya jadwal kemoterapi tetap berjalan ketika seseorang bekerja di perusahaan tertentu

Baca Juga:  Ada Baiknya Tidak Memilih Telur yang Cangkangnya Sudah Retak

Penting untuk memberitahu dokter dan perawat mengenai obat-obatan dan/ atau resep yang Anda konsumsi; karena obat ini dapat mempengaruhi pengobatan kemoterapi Anda.

Banyak pasien mengalami perubahan tubuh (efek samping seperti kelelahan atau rambut rontok) selama pengobatan kemoterapi; kekhawatiran tentang perubahan tubuh harus didiskusikan dengan dokter Anda.