Kemoterapi – Kemoterapi Intravena

DokterSehat.Com– Kemoterapi sering diberikan melalui jarum tipis yang ditempatkan dalam pembuluh darah di tangan atau lengan bawah. Perawat Anda akan menempatkan jarum pada awal setiap perlakuan dan membuangnya setelah pengobatan selesai. Biarkan dokter atau perawat tahu segera jika Anda merasa sakit atau terbakar saat Anda mendapatkan kemoterapi IV.

doktersehat-jenis-kemoterapi

Kemoterapi intravena sering diberikan melalui kateter atau port, kadang-kadang dengan bantuan pompa.

Hasil gambar untuk pompa kemoterapi

Gambar 1. Infus Kemoterapi

Kateter. Kateter adalah tabung tipis dan lembut. Seorang ahli bedah menempatkan salah satu ujung kateter di pembuluh darah besar, seringkali di daerah dada Anda. Ujung lain dari kateter tetap di luar tubuh Anda. Kebanyakan kateter tetap di tempat sampai semua perawatan kemoterapi Anda selesai. Kateter juga dapat digunakan untuk obat selain kemoterapi dan untuk mengambil darah. Pastikan untuk melihat tanda-tanda infeksi di sekitar kateter Anda.

Image result for port chemotherapy

Gambar 2. Port untuk Kemoterapi Intravena

Port. Port adalah diskus kecil yang terbuat dari plastik atau logam yang ditempatkan di bawah kulit Anda. Kateter menghubungkan port dengan pembuluh darah besar, paling sering di dada Anda. perawat dapat memasukkan jarum ke port Anda untuk memberikan kemoterapi atau mengambil darah. Jarum ini dapat dibiarkan di tempat untuk perawatan kemoterapi yang diberikan lebih dari 1 hari. Pastikan perawat tetap mengontrol apakah ada tanda-tanda infeksi di sekitar pelabuhan Anda.
doktersehat-pompa-kemoterapi-intravena

Gambar 3. Pompa untuk Kemoterapi Intravena

Pompa. Pompa sering melekat pada kateter atau port. Mereka mengontrol berapa banyak dan bagaimana kecepatan kemoterapi masuk ke dalam kateter atau port. Pompa dapat internal atau eksternal. Pompa eksternal tetap berada di luar tubuh Anda. Pompa internal yang terhubung ke kateter ditanamkan ditempatkan di bawah kulit Anda selama operasi.