Kementerian Kesehatan: Masyarakat Indonesia Masih Menganggap Sepele Masalah Hipertensi

DokterSehat.Com – Meskipun termasuk dalam penyakit yang cukup berbahaya, masih banyak orang yang menyepelekan penyakit hipertensi. Salah seorang pakar kesehatan dari Badan Kesehatan Dunia WHO bernama dr Sharad Adhikary bahkan berkata jika di dunia ini masih banyak orang yang menganggap remeh masalah tekanan darah tinggi dan tidak melakukan hal-hal yang bisa mencegah munculnya penyakit ini dengan serius.

doktersehat-konsultasi-lupus-nyeri-lutut

Selain pakar kesehatan dari WHO, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga mengutarakan hal yang sama. Sebagian besar masyarakat tanah air masih menganggap masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi ini sebagai masalah kesehatan yang ringan dan bisa dikendalikan jika rutin mengkonsumsi obat. Memang, konsumsi obat yang teratur bisa menjaga tekanan darah dengan normal. Namun, jika hal ini dibiarkan begitu saja, tentu penderita hipertensi memiliki resiko besar untuk mendapatkan berbagai penyakit kardiovaskular berbahaya layaknya stroke, serangan jantung, diabetes, penyakit gagal ginjal, hingga masalah pada penglihatan.

Sharad juga menuturkan jika alasan berikutnya mengapa banyak orang yang menyepelekan hipertensi adalah, penyakit ini sama sekali tidak menunjukkan gejala-gejala yang serius sama sekali. Bahkan, banyak orang yang berpikir jika hipertensi adalah masalah yang akan mendera orang tua saja dan tidak perlu dikhawatirkan sama sekali.

Riset yang dilakukan oleh Badan Riset Kesehatan Dasar (Riskerdas) Nasional mengungkapkan jika pada tahun 2013 saja setidaknya 25,8 % masyarakat Indonesia mengalami hipertensi. Yang mengejutkan adalah, alih-alih menjadi penyakit orang tua, anak muda dengan usia 18 tahun menjadi penderita hipertensi paling banyak. Sementara itu, dari data yang dikeluarkan oleh WHO pada tahun 2011, satu miliar penduduk dunia menderita hipertensi dengan 8 juta penderita diantaranya akan meninggal setiap tahunnya. Di Asia Tenggara sendiri, setiap tahunnya ada 1,5 juta orang yang meninggal karena masalah hipertensi.

Baca Juga:  Langkah Aman Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil

Dengan adanya angka-angka yang sangat besar ini, tentu saja sangat mengkhawatirkan jika masih banyak orang yang menyepelekan hipertensi. Padahal, jika kita menyeriusi masalah kesehatan ini dan melakukan pencegahan dengan gaya hidup sehat, maka kita pun akan terbebas dari resiko berbahaya yang disebabkan oleh hipertensi.