Bayi Kembar Ini Terlahir Sangat Mungil Beratnya Hanya 600 Gram!

DokterSehat.Com– Memiliki bayi kembar memang bisa memberikan kesan unik bagi setiap orang tua. Namun, apa yang dialami oleh pasangan Chinta Devi dan Chandeswar Ram dari India ini tak sekadar unik. Bagaimana tidak, pasangan ini baru saja dianugerahi bayi kembar berukuran super mungil dengan berat masing-masing 1,3 pounds atau tak sampai 600 gram.

Photo Source: Indiaphotoagency/ SWNS.com

Dikutip dari Fox News, pasangan ini hampir saja kehilangan kedua bayi tersebut karena saat usia kandungan Chinta mencapai 24 minggu, Ia mengalami perdarahan yang cukup parah.

Dr. Simi Sood dari Hivanta Children’s Hospital menyebutkan bahwa Chinta mengalami peningkatan tekanan darah yang tak terkendali dan diabetes gestasional. Karena kondisinya sudah cukup parah, dokter pun memutuskan untuk mengoperasi caesar kedua bayi tersebut.

Karena beratnya yang jauh lebih rendah dari normal dan sempat kesulitan untuk bernafas, kedua bayi ini pun langsung mendapatkan perawatan intensif dari tenaga medis rumah sakit dan ditempatkan dalam ventilator selama 80 hari. Total, keduanya menghabiskan 115 hari di Neonatal Intensive Care Unit.

Organ paru-paru dan usus kedua bayi mungil ini belum berkembang karena dilahirkan di usia kandungan yang terlalu dini. Para dokter pun kemudian memberikan obat yang bisa membantu mengembangkan organ-organ tersebut. Selain itu, keduanya juga mengalami infeksi darah. Fungsi jantung keduanya juga masih sangat buruk sehingga para tenaga medis pun memutuskan untuk memberi injeksi nutrisi tambahan pada aliran darah demi membantu perkembangan keduanya.

Dr. Sunil Janged, Chief Neonatalogist dari rumah sakit ini menyebut tenaga medis telah berusaha sebaik mungkin menyelamatkan kedua bayi tersebut, meskipun terdapat fakta bahwa hanya 30 persen dari bayi terlahir dini seperti kembar ini yang mampu selamat.

Berkat usaha gigih para tenaga medis dan peralatan medis berteknologi terkini, bayi ini akhirnya berkembang dengan baik dan semakin sehat. Setelah tiga bulan, berat badan keduanya naik hingga kini sekitar 1,9 kilogram dan sudah bisa dirawat sendiri oleh kedua orang tuanya.

Chandeswar, ayah dari bayi kembar ini mengaku sangat berterima kasih pada usaha para dokter dan tenaga medis yang membantunya menjaga kedua buah hatinya dengan luar biasa.

Kalau Teman Sehat ingin punya anak kembar?