Kembang Kol Bisa Mencegah 5 Jenis Kanker!

Dokter Sehat – Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit ganas yang berbahaya dan bila tidak dicegah sedini mungkin akan berujung pada kematian, penyakit kanker ini terjadi akibat faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Umunya, kanker ini berbentuk tumor ganas yang terletak bergantung pada lokasi dan karakter keganasan di dalam tubuh.



Untuk itu, agar penyakit berbahaya ini dapat dicegah sejak kini, kamu perlu mengonsumsi beberapa makanan pencegah kanker salah satunya kembang kol. Kembang kol ini merupakan sayuran yang mengandung banyak vitamin B dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Namun tak banyak yang mengetahui bahwa kembang kol juga memiliki kemampuan untuk mencegah kanker.

Bahkan, beberapa jenis kanker ini dapat dicegah dengan mengonsumsi kembang kol ini secara rutin. Apa saja jenis-jenis kanker tersebut? berikut ini diantaranya :

•Kanker usus
Kembang kol adalah sumber serat yang baik, serat di dalamnya akan membantu melancarkan dan menyehatkan pencernaan karena di dalamnya terdapat glucoraphin. Glucoraphin akan melindungi lapisan perut dan menurunkan risiko kanker, serta berbagai macam penyakit lambung dan usus.

•Kanker prostat
Kembang kol membantu mengurangi dan mencegah peradangan serta melancarkan aliran darah, terutama di bagian prostat. Kembang kol juga kaya antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas penyebab kanker.

•Kanker payudara
Kembang kol mengandung zat kimia alami seperti sulforaphane dan indole-3-carbinol, zat tersebut sangat penting untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama pada sel kanker payudara.

•Kanker serviks
Kembang kol bisa menurunkan risiko kanker serviks dengan kombinasi zat kimia alami, antioksidan, serta vitamin C yang ada di dalamnya. Kembang kol juga terbukti merupakan sayuran yang menyehatkan untuk wanita, terutama untuk mencegah kanker.

Baca Juga:  Hati-hati Terhadap Sembelit Jika Terjadi Lebih Dari 4 Minggu

•Kanker ovarium
Kembang ah kol ini juga bermanfaat untuk mencegah kanker ovarium, kanker ovarium ini memang tidak memiliki gejala yang memastikan. Tapi apa ada salahnya , jika wanita rajin mengonsumsi kemang kol ini untuk mencegah penyakit kanker ovarium yang berbahaya ini.

Itulah beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi kembang kol, jangan ragu lagi untuk menambahkan kembang kol dalam masakan Anda dan lindungi tubuh dari kanker!