Kembali Bekerja, Kita Harus Lebih Pandai Mengendalikan Emosi

DokterSehat.Com – Musim libur Hari Raya Lebaran telah usai. Setelah dihebohkan dengan arus mudik dan arus balik yang melibatkan jutaan orang yang ingin berlibur di kampung halaman, kini semua orang kembali ke aktivitas dan kesibukannya masing-masing seperti sedia kala. Banyak orang yang bahkan sudah merindukan waktu liburan karena pekerjaan mereka bisa memicu amarah berlebihan, terlebih jika mereka juga sudah merasa stress di dalam perjalanan yang dipenuhi dengan kemacetan. Padahal, jika kita cenderung memiliki emosi yang buruk, kesehatan fisik pun bisa ikut terimbas menjadi lebih buruk. Kita pun dituntut lebih baik dalam mengendalikan emosi kita demi kesehatan tubuh.

doktersehat-stres-kerja-emosi-depresi

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih pandai dalam mengelola pernafasan dan mengambil waktu jeda sejenak saat emosi kita mulai tidak karuan, khususnya saat menghadapi berbagai hal yang terlihat ruwet layaknya kemacetan atau bahkan pekerjaan yang rumit. Cobalah untuk menarik anfas panjang dan hitunglah hingga 10. Meskipun terlihat sepele, cara ini ternyata cukup efektif menekan amarah dan membuat emosi kita menjadi lebih terkendali. Hal ini bisa membuat banyak tugas kembali terselesaikan dengan baik dan kesehatan kita pun tetap terjaga.

Meskipun terlihat sulit, namun kita harus tetap berpikir jernih meskipun emosi kita sedang tidak karuan karena berbagai macam persoalan. Alih-alih langsung berteriak atau naik pitam, cobalah untuk mengkomunikasikan apapun yang terlihat kurang cocok atau kurang sesuai dengan cara yang baik. Dengan memakai hal ini, emosi pun cenderung tetap dalam kondisi positif.

Mengendalikan emosi juga bisa dilakukan dengan cara mulai melakukan aktivitas fisik dengan rutin. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan olahraga ringan layaknya berjalan kaki secara rutin demi menjaga pikiran kita tidak mudah terkena stress. Jika diperlukan, cobalah untuk berolahraga dengan menikmati pemandangan alam yang ternyata terbukti bisa menurunkan kadar stress dengan sangat signifikan.