Kematian Nicky Hayden Mengingatkan Kita Bahaya Mendengarkan Musik di Jalan Raya

DokterSehat.Com – Setelah sempat dikabarkan dalam kondisi koma, mantan juara dunia MotoGP Nicky Hayden akhirnya menghembuskan nafas yang terakhir. Hayden sendiri sempat dirawat di rumah sakit setelah ditabrak mobil saat mengendarai sepedanya di kota Rimini, Italia. Cedera yang parah di kepala dan dada ditengarai menjadi penyebab meninggalnya Hayden.

doktersehat-gadget-handphone-chat-earphone

Menurut media lokal Rimini Today, terdapat rekaman CCTV yang menunjukkan proses bagaimana detik-detik sebelum dan saat Hayden mengalami kecelakaan. Hayden ternyata tidak memperhatikan tanda jalan sebelum akhirnya tertabrak mobil. Diduga, Hayden tidak berhati-hati dan memperhatikan kondisi sekitarnya saat melintasi persimpangan. Tak hanya itu, hayden sepertinya juga mendengarkan musik saat bersepeda.

Dugaan terakhir muncul karena di tempat kejadian perkara, terdapat alat pemutar musik digital yang sepertinya milik Hayden. Melihat adanya fakta ini, kita pun kembali diingatkan tentang resiko mendengarkan musik saat berada di jalan raya, baik itu saat berkendara ataupun saat melakukan olahraga. Sebagaimana diketahui, cukup banyak orang yang berlari atau bersepeda sambil memasang earphone dengan tujuan mengusir rasa bosan saat melakukan olahraga tersebut. Sementara itu, banyak pengendara mobil yang bahkan sengaja mendengarkan musik keras-keras saat berkendara.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Alabama menyebutkan bahwa mendengarkan musik saat akan menyeberang jalan atau melintasi persimpangan bisa meningkatkan resiko terkena kecelakaan. Resiko ini bahkan dianggap lebih tinggi jika dibandingkan dengan membaca atau mengetik SMS dan menelepon saat mengemudi. Tak hanya itu, sebuah penelitian lain menyebutkan bahwa mendengarkan jenis musik tertentu bisa berpengaruh pada perilaku mengemudi seseorang. Sebagai contoh, pria yang mendengarkan musik heavy metal saat berkendara cenderung berkendara dengan kecepatan lebih tinggi jika dibandingkan saat mendengarkan jenis musik lainnya.

Baca Juga:  Ini yang Terjadi Jika Kita Berolahraga Sambil Mendengarkan Musik

Saat berolahraga layaknya berlari atau bersepeda, mendengarkan musik juga akan membuat kita tidak begitu memperhatikan keadaan sekitar. Jika kita melakukannya di jalan raya, resiko untuk terkena kecelakaan juga meningkat.