Kelelahan Membuat Wajah Menjadi Kusam

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu ingin mendapatkan tampilan fisik pada wajah yang sebaik mungkin sebelum bertemu dengan banyak orang. Hal inilah yang membuat kita mau mandi di pagi yang dingin atau melakukan make-up. Dengan tampilan yang segar dan cerah, rasa percaya diri pun muncul sehingga banyak aktivitas pun bisa diselesaikan dengan baik. Sayangnya, kita bisa saja bangun dengan wajah yang kusam dan lesu dan meskipun sudah mandi ataupun diberi make-up, wajah tetap dalam kondisi yang kusam. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

Banyak orang yang berkata bahwa kombinasi dari kelelahan dengan pekerjaan dan juga rasa stress yang disebabkan oleh pekerjaan dan perjalanan bisa memicu wajah untuk menjadi kusam dan lesu. Kelelahan dan stress sendiri memicu hormon stress yang disebut sebagai kortisol yang bisa memicu wajah kusam ini. Disamping itu, stress juga memicu aliran darah ke kulit jauh berkurang sehingga kolagen wajah pun mengalami penurunan jumlah yang signifikan sehingga memicu kekusaman pada wajah. Selain kusam, beberapa masalah lain layaknya bintik-bintik dan flek cokelat, kulit kering dan kasar, atau bahkan wajah yang kerut bisa disebabkan oleh masalah stress dan kelelahan ini.

Untuk mencegah wajah menjadi mudah kusam dan mendapatkan berbagai masalah kulit, kita tentu harus mendapatkan istirahat yang cukup sesampainya di rumah. Waktu tidur yang cukup dengan istirahat yang berkualitas jelas dibutuhkan untuk membuat tubuh menjadi lebih segar keesokan harinya. Namun, kita juga harus melakukan gaya hidup sehat layaknya banyak minum air putih, tidak merokok dan tidak meminum alkohol untuk mencegah wajah menjadi mudah kusam. Disamping itu, kita tentu harus memperhatikan asupan makanan agar kulit juga mendapatkan nutrisi yang baik agar tidak mudah kusam. Makanan yang kaya akan vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin C bisa mencegah kulit wajah mengalami masalah jerawat, minyak berlebih, kulit kering, kulit kusam, hingga masalah iritasi atau penuaan dini.

Baca Juga:  Beberapa Gejala Dari Penyakit Kanker Paru

Kita juga harus membersihkan wajah dengan benar, khususnya sebelum kita tidur malam dengan memakai sabun pembersih wajah dengan pH yang tepat dengan kulit wajah. Pemakaian masker setidaknya sekali seminggu juga bisa membuat wajah terbebas dari kondisi yang kusam, kering, atau bahkan berjerawat sehingga kita bisa mendapatkan kepercayaan diri setiap waktu.