Kelebihan Kalsium Bisa Menyebabkan Penyumbatan Arteri

DokterSehat.Com – Saat Anda minum susu, bukan hanya protein dan lemak saja yang Anda dapatkan, namun juga mineral berupa kalsium yang bisa menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Kalsium dibutuhkan semua orang, dari anak kecil hingga dewasa, dan bukan hanya untuk kesehatan tulang, namun juga jantung Anda. Tapi tentu saja konsumsi kalsium juga perlu diperhatikan.

11

Karena seperti dikutip dari everydayhealth.com, kelebihan kalsium lebih dari 2.500 mg per hari untuk orang dewasa usia 19-50 tahun, dan lebih dari 2.000 mg per hari untuk orang dewasa usia 51 ke atas, dapat menyebabkan masalah kesehatan berupa penyumbatan pembuluh arteri. Asupan kalsium harian yang direkomendasikan untuk wanita usia 19-50 tahun adalah 1.000 miligram (mg) kalsium per hari dan 1.200 mg per hari untuk wanita 51 tahun ke atas.

Kekurangan kalsium atau hipokalsemia mungkin bisa terjadi dan hal ini dapat dideteksi melalui pemeriksaan darah rutin. Jika Anda memiliki kadar kalsium darah yang rendah, dokter mungkin akan meresepkan suplemen kalsium. Namun suplemen kalsium yang berlebih justru tidak baik untuk tubuh. Wajarnya, kalsium yang paling baik diserap dari makanan seperti susu, keju, yogurt, dan lain sebagainya dan risiko kelebihan kalsium bisa lebih kecil.

Sedangkan suplemen kalsium berlebih bisa mengendap di arteri, bukannya tulang. Tentu saja hal ini juga dipengaruhi berbagai faktor, seperti dukungan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium serta konsumsi makanan sehari-hari. Namun sebisa mungkin, selama kalsium bisa didapatkan dari makanan, lebih baik tidak mengonsumsi suplemen kalsium. Jika memang perlu mengonsumsi suplemen, pastikan di bawah pengawasan dokter.