informasi kesehatan


Kelebihan dan Kekurangan Produk Bayi yang Digunakan Orang Dewasa

Kelebihan dan Kekurangan Produk Bayi yang Digunakan Orang Dewasa

            

Doktersehat.com – Pada umumnya produk bayi terbuat dari formula yang ringan. Hal ini menimbulkan anggapan bahwa produk bayi lebih aman dibanding produk orang dewasa pada umumnya sehingga banyak orang dewasa khususnya wanita yang memakainya. Namun, kenyataannya anggapan itu belum tentu benar karena tekstur dan struktur kulit pada bayi dan orang dewasa sangat berbeda.

Bayi belum diterpa faktor eksternal perusak kulit seperti yang dialami orang dewasa,  yang disebabkan oleh stres, polusi, atau radiasi sinar matahari, sehingga orang dewasa memerlukan produk yang bekerja lebih keras daripada yang dipakai oleh bayi.

Seiring bertambahnya usia, biasanya hormon orang dewasa juga mempengaruhi perkembangan kulit dan rambut. Misalnya rambut kering atau berminyak, patah dan rontok, atau berketombe. Masalah-masalah tersebut tidak tertangani oleh produk shampoo bayi, karena produk bayi hanya mengatasi masalah generik untuk bayi.

Jadi sebelum memutuskan untuk merawat tubuh dengan produk bayi, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini, seperti yang dilansir oleh Bold Sky.

1. Krim Bayi
Krim yang biasa digunakan untuk bayi juga bisa Anda pakai pada kulit sendiri. Namun, hanya sebagian kecil krim yang dapat membantu melembabkan kulit. Biasanya krim untuk mencegah kekeringan cocok diterapkan pada siku, lutut, tumit dan daerah kering lainnya. Tapi tidak disarankan untuk seluruh badan, apalagi wajah.

Bila memiliki kulit berminyak, sebaiknya jangan menggunakan krim bayi karena sebagian besar tinggi kandungan minyaknya. Hal ini akan membuat pori-pori kulit tersumbat dan menimbulkan komedo serta jerawat.

2. Shampo Bayi
Shampo bayi dapat membuat kulit kepala lebih bersih dan lembut. Akan tetapi, produk ini hanya cocok digunakan untuk orang-orang yang tidak biasa memakai bahan kimia berlebihan pada rambut mereka.

Sebaiknya hindari menggunakan shampo bayi jika rambut mudah berketombe. Penting diingat, shampo bayi tidak cukup baik untuk membersihkan dan melindungi rambut dari debu dan polusi udara karena formulanya yang sangat ringan.

3. Sabun Mandi
Sabun bayi merupakan salah satu produk bayi yang cocok dan aman digunakan segala umur. Sabun si kecil tidak mempunyai kandungan yang berat maka bagus untuk kulit. Sabun bayi dapat melembutkan dan memiliki pelembab yang baik. Selain itu, sabun bayi bisa membuat kulit lebih halus dari sebelumnya.

4. Baby Oil
Baby oil bagus diterapkan untuk semua jenis kulit. Baby oil bisa membuat kulit dan bulu-bulu pada tubuh Anda lebih halus dan lembut. Pakai baby oil setelah Anda mandi. Selain itu, baby oil juga efektif mengangkat make-up di wajah terutama yang waterpfoof. Teteskan baby oil pada kapas, kemudian usapkan kapas tersebut pada mata, bibir juga wajah. Keringkan dengan tisue, lalu bersihkan dengan sabun muka.

Dari berbagai sumber

pf button both Kelebihan dan Kekurangan Produk Bayi yang Digunakan Orang Dewasa


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>