Kelebihan dan Kekurangan Beberapa Jenis Bantal Bagi Kesehatan Anda

Doktersehat.com – Setelah seharian beraktivitas tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat. Tidur merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Namun tidur malah akan menimbulkan masalah bila Anda salah memilih bantal. Bantal yang tidak nyaman digunakan malah akan menyababkan sakit punggung.



Ada berbagai jenis bantal yang bisa Anda gunakan. Tapi tidak semua bantal baik unutk kesehatan Anda. Berikut beberapa jenis bantal dan pengaruhnya terhadap kesehatan Anda:

1. Bantal Kapuk

Bantal yang berbahan kapuk ini akanterasa licin saat dipegang. Tapi bantal jenis ini sangat mudah dihinggapi debu dan tungau yang bisa mengganggu kesehatan Anda. Bantal kapuk sangat tidak dianjurkan bagi penderita asma karena bisa pemicu serangan asma. Jemurlah bantal sesering mungkin untuk mengurangi debu dan tungau yang bersarang dalam bantal kapuk.

2. Bantal Busa

Bantal ini diisi dengan bahan sintetis seperti spon. Kelemahan dari bantal jenis ini adalah terasa panas saat digunakan.

3. Memory Foam

Bantal jenis ini terbuat dari Polyurethane yakni bahan sejenis busa. Bahan memory foam membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali ke bentuk semula. Bantal ini nyaman digunakan karena mampu menyerap keringat dengan baik.

4. Dakron

Dakron terbuat dari serat plastik yang sangat halus. Permukaan bantal dakron yang diisi dengan cara dilipat akan terasa halus dan lebih berkualitas. Bila diisi dengn cara digumpal maka permukaannya menjadi tidak rata dan kualitasnya menjadi kurang baik. Bantal dakron yang berat makin lebih baik karena bantal dakron akan kempis.

5. Lateks

Bantal yang terbuat dari getah karet ini permukaannya lebih keras dan rata dibandingkan bantal dakron. Bantal lateks cocok untuk orang yang bermasalah dengan tulang leher dan tulang belakang. Lateks juga bebas dari tungau sehingga cocok untuk yang biasa menderita alergi.

Baca Juga:  Sterilisasi Pada Wanita, Perlukah?

Sumber: kumpulan.info