Kelebihan Berat Badan Saat Hamil Kurang Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Salah satu mitos yang berkembang luas pada masyarakat umum adalah jika seorang wanita sedang hamil, maka akan sangat normal jika berat badannya akan meningkat dengan sangat signifikan. Padahal, dalam realitanya, pakar kesehatan justru mewanti-wanti ibu hamil untuk lebih baik dalam menjaga berat badannya agar tetap ideal. Banyak kasus dimana kematian bayi yang diakibatkan oleh ibu hamil yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Bahkan, jika ibu hamil mengalami obesitas tingkat dua atau tingkat tiga, resiko kematian bayi ini bisa meningkat hingga dua kali lipat!

doktersehat-kehamilan-hamil-Infeksi-Cytomegalovirus

Bagaimana bayi bisa meninggal karena ibu hamil yang terlalu gemuk? Pakar kesehatan menyebutkan jika bayi yang baru lahir akan memiliki kondisi sulit bernaas yang disebut dengan asfiksia lahir. Selain itu, resiko terkena cacat lahir layaknya infeksi atau sindrom kematian mendadak ternyata cukup erat pada bayi yang dilahirkan oleh ibu hamil yang mengalami obesitas tingkat dua atau tiga. Ibu hamil yang mengalami obesitas juga beresiko mendapatkan diabetes gestasional, diabetes yang hanya terjadi di masa kehamilan. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, bayi beresiko mengalami kelahiran prematur, bayi yang lahir dengan kondisi gula darah yang rendah, atau bahkan memiliki masalah persalinan.

Ibu hamil yang mengalami berat badan yang berlebihan selama masa kehamilan juga beresiko mendapatkan masalah berupa kehamilan yang berlangsung melebihi waktu yang diperkirakan, dimana kelahiran justru datang dengan sangat terlambat. Selain itu, saat melahirkan pun, ibu hamil akan beresiko mengalami masalah layaknya lamanya proses persalinan dan kecenderungan untuk melahirkan dengan cara caesar. Dalam beberapa kasus, operasi caesar ini bisa memicu infeksi pada luka bekas operasi yang tentu akan cukup berbahaya.

Baca Juga:  Efek Polifenol pada Ekstrak Daun Ubi Jalar untuk Kanker Prostat

Untuk mencegah masalah kelebihan berat badan selama kehamilan, pakar kesehatan sendiri menyarankan ibu hamil untuk lebih bijak dalam mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang serta rutin melakukan olahraga. Selain itu, cobalah untuk sering-sering memeriksakan kehamilan pada doket sehingga andai terdapat tanda-tanda mengalami kelebihan berat badan, dokter bisa menyarankan program yang bisa membuat berat badan ibu hamil kembali ideal dan berbagai masalah kehamilan pun bisa dihindari dengan lebih baik.