Kelamaan Duduk Gangguan Kesehatan Jiwa

DokterSehat.Com – Bekerja di belakang meja sepertinya lebih aman ketimbang harus berjibaku di lapangan atau proyek konstruksi. Namun jangan salah! terlalu lama duduk di kursi meja kerja, ternyata buruk bagi kesehatan fisik dan juga buruk bagi kesehatan mental (jiwa).



Dalam sebuah survei, dalam satu pekan bekerja, orang-orang menghabiskan sekitar lima jam 41 menit setiap harinya untuk duduk di depan meja kerja. Para pekerja itu pun mendapat jatah tujuh jam tidur tiap malam.

Dr. Myanna Ducan, Aadil Kazi, dan profesor Cheryl Haslam dari pusat penelitian Kesehatan dan Kerja, Universitas Loughborough, Inggris dalam presentasinya mengatakan, sekitar 70 persen karyawan yang disurvei tidak mengandalkan kekuatan fisik. Dan 50 persen dari karyawan tersurvei yang berumur 50 tahun ke bawah tidak melakukan kegiatan fisik.

Dalam presentasi mereka mengatakan, mereka yang duduk terlalu lama di kantor adalah juga sering duduk ketika di luar kantor. Selain itu, ada korelasi antara nilai Indeks Berat Tubuh (BMI) dan waktu duduk di kantor. Dan mereka yang lebih banyak waktu duduk di kantor ada kaitannya dengan penurunan kesehatan mental.

Penemuan tersebut adalah bagian dari penelitian besar yang mempelajari pengalaman karyawan tentang ketentuan kesehatan kerja dalam 18 bulan sepanjang periode 2009-2011. Dalam survei berbasis on line dan print out itu dilakukan lebih dari seribu pekerja untuk mengukur tingkat kesehatan dan kegiatan fisiknya.