Kelainan Sendi Temporomandibular di Sekitar Rahang

DokterSehat.com – Sendi temporomandibular terletak di sekitar rahang, depan telinga. Pada daerah tersebut terdapat tulang temporal yang berfungsi menghubungkan bagian tulang tengkorak dengan bagian bawah rahang. Sendi temporomandibular termasuk sendi yang kompleks, persendian bisa bergerak ke atas, bawah, kanan, atau  kiri, depan, dan belakang.



Saat sedang mengunyah, persendian sekitar rahang akan bergerak dan menerima beban. Pergerakan persendian di daerah tersebut dilapisi oleh tulang rawan (kartilago) yang disebut dengan diskus. Fungsinya, agar tulang tengkorak dan rahang bawah tidak langsung bergesekan.

Penyebab

Pada daerah sendi temporomandibular bisa juga mengalami kelainan dan gangguan fungsi. Hal ini biasanya terjadi akibat adanya beberapa kondisi gabungan yang memungkinkan terjadinya kelainan. Seperi adanya keteganggan otot yang mempengaruhi lokasi sendi temporomandibular, bisa juga disertai dengan adanya kelainan pada anatomis sendi.

Kelainan sendi temporomandibular juga bisa dipengaruhi oleh kondisi mental dan psikis seseorang. Kondisi gangguan sendi temporomandibular ini kerap dialami oleh wanita yang berumur 20-50 tahun.

Gejala

Kelainan pada sendi temporomandibular ini dapat menyebabkan munculnya beberapa gejala, seperti:

  • Nyeri yang bersifat tumpul di sekitar otot pengunyah. Terkadang nyeri tidak selalu langsung terasa di dalam sendi, tapi juga di sekitar sendi temporomandibular.
  • Sakit kepala
  • Sendi bisa terkunci

Sakit kepala yang terjadi juga tidak bisa diobati dengan cara pengobatan sakit kepala biasa, karena ini ada hubungannya dengan otot dan persendian Temporomandibular.