Kelainan Rentan Diderita Pada Bayi Prematur

Doktersehat.com-  Bayi premature adalah bayi yang lahir sebelum tanggal perkiraan kelahirannya, atau kurang dari usia kehamilannya. Di banding dengan bayi noramal, bayi prematur cenderung bermaslah atau beresiko. Dengan kelahirannya yang secara premature, bisa berakibat munculnya kelainan-kelainan pada bayi tersebut. Misalnya pada system pernapasan,system peredaran darah, system pencernaan, dan system saraf pusat (otak). Selain itu kelainan-kelainan yang lainnya juga sangat mungkin akan muncul. Berikut adalah kelainan yang terjadi pada bayi premature.



  • Sindrom gangguan pernapasan. Kelainan ini terjadi karena kurang matangnya paru-paru sehingga jumlah surfactant (cairan pelapis paru-paru) kurang dari normal. Hal ini menyebabkan paru-paru tidak dapat berkembang sempurna.
  • Perdarahan otak. Ini biasanya terjadi pada minggu pertama kelahiran, terutama pada bayi prematur yang lahir kurang dari 34 minggu. Karena perdarahan otak inilah bayi prematur biasanya tumbuh menjadi anak yang relatif kurang cerdas dibanding anak yang lahir normal.
  • Kelainan jantung. Dalam hal ini yang sering terjadi adalah Patent Ductus Arteriosus (adanya hubungan antara aorta dengan pembuluh darah jantung yang menuju ke paru-paru).
  • Kelainan usus yang disebabkan imaturitasnya dalam menerima nutrisi.
  • Anemia
  • Infeksi

Setelah mengetahui kelainan-kelainan itu, sebaiknya sesegera mungkin harus dilakukan penanganan yang serius. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti memburuknya kondisi bayi itu sendiri, sampai dengan kematian karena kurangnya kematengan organ tubuh bayi premature itu untuk difungsikan. Mengingat bahwa kelahiran bayi premature mempunyai tujuh kali resiko yang lebih berbahaya daripada kelahiran bayi normal pada umumnya. Pemeriksaan dini harus dilakukan agar dapat mengetahui kondisi bayi apakah bayi tersebut memerlukan terapi khusus atau terapi untuk perkembangannya.

Sumber:kompashealth.com&bayisehat.com