Kelainan pada Mata

DokterSehat.Com – Ternyata, Penyakit mata sangat beragam lho macamnya, serta ada yang bisa menular dan ada juga yang sama sekali tidak. Penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri maupun virus rata-rata bersifat menular, sedangkan jika penyebabnya adalah alergi atau bawaan keturunan (genetis), maka penyakit tersebut tidak akan menular. Untuk mengetahui berbagai macam kelainan atau penyakit pada mata lebih lanjut, silahkan disimak ulasan singkat yang berikut ini :



  • Rabun jauh (myopia)
    Rabun jauh atau yang sering disebut myopia  adalah kelainan pada mata karena tidak bisa melihat benda-benda yang letaknya jauh. Hal ini terjadi diebabkan oleh bentuk lensa mata yang oval atau cembung. Sehingga pantulan bayangan benda jatuh di muka retina dan kabur.
  • Rabun dekat (Hypermetropia)
    Rabun dekat atau di sebut juga hipermetropia  merupakan kebalikan dari rabun jauh, mata tidak dapat melihat benda-benda yang jaraknya dekat dengan jelas. Pantulan bayangan benda yang diterima oleh lensa mata jatuh di belakang retina.
  • Rabun tua (presbyopia)
    Lain lagi dengan rabun tua atau presbyopia  yang banyak diderita oleh orang yang sudah berumur, disebabkan oleh daya akomodasi mata yang melemah karena faktor usia. Akibatnya tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat pada jarak yang normal. Biasanya terjadi pada orang dengan usia diatas 40 tahun.
  • Rabun senja
    Rabun senja ini merupakan kelainan  yang cukup unik, penderita kelainan ini tidak bisa melihat benda-benda hanya pada senja hari saja. Disebabkan oleh rusaknya sebagian sel pada retina yang seharusnya masih bisa melihat pada kondisi cahaya yang minim atau remang-remang. Kelainan ini sering juga disebut dengan rabun ayam. Penyebab rabun senja ini adalah kurangnya asupan vitamin A.
  • Buta warna
    Buta warna merupakan kelainan pada mata yang disebabkan oleh ketidakmampuan membedakan warna tertentu, kelainan ini merupakan penyakit genetis atau turunan baik dari generasi pertama maupun diturunkan oleh generasi ke dua pendahulu. Buta warna terjadi akibat tidak berfungsinya sel warna yang terletak pada retina.
  • Bercak bitot
    Bercak bitot menyebabkan  bola mata yang hitam tertutupi oleh bercak berwarna putih, jika dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan kebutaan.  Kekurangan vitamin A dituding sebagi penyebab terjadinya kelainan ini.
Baca Juga:  Obat Herbal Blefaritis Radang Mata

Disamping 6 hal diatas juga masih ada beberapa kelainan lain pada mata seperti mata juling yang tidak dibahas pada artikel kali ini. Pada pembahasan diatas terlihat 2 macam kelainan, satu karena faktor genetis atau turunan yang sulit dicegah. Sedangkan lainnya karena kurangnya vitamin a yang banyak dibutuhkan oleh mata untuk bisa berfungsi secara sempurna. Khusus penyebab yang terakhir ini sangat mudah mencegahnya dan dapat dilakukan sejak usia anak-anak, sehingga tidak terlambat dan kecewa di kemudian hari.