Terkena Kelainan Kulit Langka, Bocah Ini Tak Pernah Keluar Rumah

Photo Source: AFP Photo/Haidar Hamdani

DokterSehat.Com– Gadis kecil berusia 4 tahun bernama Haura tidak mampu menikmati masa anak-anaknya karena malu dengan kondisinya yang terkena kelainan kulit langka di tubuh bagian atas. Di usia yang masih sangat muda, Haura tak kuat menerima ejekan dari teman-temannya akibat kondisi kesehatan yang sudah ada sejak ia dilahirkan ini.

Dilansir dari Yahoo, orang tua Haura sebenarnya sudah memberikan baju lengan panjang dengan kerah tinggi pada sang bocah, namun, karena di lehernya juga terlihat jelas terdapat lapisan dengan warna kehitaman yang sangat aneh, tetap saja bocah yang tinggal di desa dengan jarak 200 km selatan Baghdad ini menjadi korban olokan teman-temannya.

“Dua tahun lagi Haura harus pergi ke sekolah, tapi aku tak yakin dia mau melakukannya karena tak tahan dengan ejekan anak-anak seusianya,” ucap ibu Haura, Alia Khafif yang tinggal di Wahed Haziran, Provinsi Diwaniya.

“Kami tak bisa menggaransi Haura bisa belajar dengan tenang dan nyaman di sekolah. Memang, anak-anak harus mendapatkan pendidikan, tapi jika ia tidak bisa tenang saat berada disana, bagaimana Haura bisa belajar,” lanjut Alia dengan sedih.

Tanda berwarna kehitaman yang dipenuhi dengan rambut menutupi pundak dan hampir seluruh punggung Haura. Lengan dan lehernya juga mengalami hal yang sama. Meskipun dianggap sebagai tanda lahir, kelainan ini ternyata rentan untuk berubah menjadi melanoma, kanker kulit yang sangat mematikan.

Pakar kesehatan Aqil Al-Khaldi menyebutkan bahwa Haura sebenarnya bisa disembuhkan dengan transplantasi kulit atau perawatan dengan laser, namun biayanya terlalu mahal bagi keluarga Haura. Selain itu, sistem kesehatan di Irak juga telah hancur sehingga sangat sulit untuk mencari pengobatan tersebut disana.

Alia berkata bahwa Haura harus dibawa keluar negeri untuk mendapatkan pengobatan, namun, ia tidak mampu membiayainya.