Kelainan DiGeorge

DokterSehat.com – DiGeorge merupakan penyakit yang disebabkan berkurangnya kemampuan sistem kekebalan tubuh yang dapat disebabkan oleh faktor keturunan atau akibat tidak adanya kelenjar thymus dalam tubuh seseorang.



Bila kondisinya demikian, maka penderita akan mengalami komplikasi terhadap penyakit lain yang berhubungan erat dengan ketidaknormalan kromosom.

Gejala

Bila sudah terkena penyakit ini maka penderita akan merasakan gejala, seperti fitur muka yang tidak normal, penyakit jantung congenital, serta kesulitan dalam mengatur tingkat kalsium dalam darah.

Diagnosis

Diagnosis bertujuan untuk menemukan penyebab pasti dari penyakit DiGeorge. Selain itu, dilakukan pula pemeriksaan gejala yang nantinya akan menjadi dasar dalam menentukan  pengobatan yang sesuai. Diagnosis akan ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan.

Pengobatan

Pengobatan akan dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan penyakit dalam diagnosis. Bila penyakit masih tergolong ringan maka infeksi bisa diobati segera dengan obat-obatan yang dapat menyembuhkan.

Sementara untuk penderita yang memiliki sedikit atau tidak ada getah bening T, bisa menerima transplantasi pada sistem sel atau jaringan thymus. Selain itu, rendahnya tingkat kalsium bisa diobati dengan memberi suplemen penambah kalsium kepada penderita yang bermanfaat untuk menghindari kejang otot.  Namun, bila penyakit sudah sangat parah maka untuk menghindari gagal janutng harus dilakukan operasi.