Kelahiran Bayi Yang Prematur

DokterSehat.Com – Kelahiran bayi yang prematur adalah salah satu kejadian yang cukup langka. Kebanyakan ibu hamil mampu mempertahankan kandungan hingga melewati 9 bulan mengingat kondisi bayi belum benar-benar sempurna untuk dilahirkan pada usia sebelum jangka waktu tersebut. Namun, kita tentu terkadang mendapati ibu yang melahirkan bayi pada usia kandungan ke 6 atau ke 7. Memang, kelahiran prematur biasanya tidak berbahaya dan banyak bayi yang tetap selamat dan hidup meskipun lahir terlalu dini. Namun, kelahiran prematur ternyata memberikan resiko tersendiri bagi masa depan bayi, khususnya dalam hal perkembangan dan pertumbuhan fisik di masa depan.

doktersehat-penyakit-jantung-bawaan-lahir-bayi

Banyak kasus orang yang mengalami kelahiran prematur ternyata mengalami perkembangan fisik yang lamban atau bahkan mengalami gangguan pada sistem pernafasan atau bahkan jantung. Namun, banyak pula orang yang lahir secara prematur namun tetap bisa mendapatkan pertumbuhan yang normal. Ada banyak sekali penyebab dari kelahiran prematur dari ibu hamil, meskipun biasanya faktor sejarah dari kehamilan sang ibu biasanya menjadi faktor utama penyebab kelahiran prematur.

Jika ibu hamil pernah mengalami keguguran atau melahirkan bayi secara prematur sebelumnya, sering sekali bayi yang dilahirkan juga mengalami kelahiran prematur. Disamping itu, jika kesehatan ibu dan janinnya ternyata kurang sehat, sebagai contoh dimana ibu hamil mengalami anemia, diabetes, atau masalah hipertensi, maka bisa jadi kelahiran prematur akan mudah terjadi. Selain itu, adanya infeksi, khususnya pada saluran rahim dan juga saluran vagina bisa menjadi pemicu kelahiran bayi secara prematur.

Banyak pakar yang menyarankan ibu hamil untuk menjaga kesehatan bayi dan juga kandungan sebaik mungkin untuk menghindari kelahiran bayi secara prematur. Disamping asupan gizi yang cukup dan juga menjaga agar ibu hamil tidak stress dan kelelahan, ibu hamil juga harus melakukan gaya hidup yang sehat tanpa adanya minuman alkohol, minuman bersoda, makanan siap saji, atau bahkan menjadi perokok pasif di rumah sehingga bayi pun bisa dilahirkan dengan normal dalam keadaan yang sehat.

Baca Juga:  APA ITU KEHAMILAN