Kekurangan Kalium Bisa Membuat Tubuh Mengalami Kondisi Berikut Ini

DokterSehat.Com – Salah satu bahan mineral yang cukup penting bagi tubuh kita adalah kalium. Dengan adanya kalium, maka berbagai fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik. Pakar kesehatan menyebutkan jika kalium akan sangat baik dalam menurunkan tekanan darah dan membuat otot-otot serta sistem pencernaan berjalan sebagaimana mestinya. Karena alasan inilah ada baiknya kita harus memenuhi asupan kalium setiap harinya. Andai kita tidak mampu memenuhi asupan kalium ini, apa yang akan terjadi pada tubuh kita?

doktersehat-dehidrasi-keringat

Mudah terkena kram otot
Pakar kesehatan menyebutkan jika salah satu penyebab mengapa kita mudah terkena kram otot adalah jika kita kekurangan asupan kalium. Untuk bekerja dengan normal, maka kita membutuhkan kalium yang cukup karen ajika tidak, maka otot akan kerap mengalami kejang otot dan kram.

Mudah terkena dehidrasi
Pakar kesehatan Monica Auslander dari Florida, Amerika Serikat, menyebutkan jika kita kekurangan asupan kalium harian, maka kita akan cenderung mudah terkena dehidrasi dan gangguan makan. Untuk mengatasinya, kita bisa dengan mudah mengkonsumsi air kelapa.

Otot tubuh melemah
Andai kadar kalium di dalam tubuh sangatlah rendah, otot pun tidak akan mendapatkan elektrolit yang membantu membangun otot dengan cukup. Alhasil, otot akan kerap mengalami kontraksi dan pada akhirnya menjadi lebih lemah.

Denyut jantung yang tidak normal
Rendahnya kadar kalium dalam tubuh tidak hanya akan berimbas pada otot-otot tubuh. Jika hal ini terjadi, maka denyut jantung kita menjadi kacau dan bahkan bisa memicu aritmia, kondisi dimana denyut jantung sangat tidak normal. Aritmia pada jantung sangatlah berbahaya dan harus diperiksakan ke dokter jika terjadi.

Mengalami masalah kulit
Pakar kesehatan Megan Lyons dari Texas, Amerika Serikat, menyebutkan jika kekurangan asupan kalium juga akan berimbas pada mudahnya kita terkena jerawat atau masalah kulit kering, apalagi jika kita juga melakukan pola makan yang buruk dan kerap terkena stres.