Kekeliruan Umum Saat Membersihkan Wajah

DokterSehat.Com – Wajah kerap kali dianggap sebagai representasi utama dari manusia. Mengingat seseorang biasanya akan disertai dengan mengingat wajah orang tersebut sehingga semua orang pun sebisa mungkin merawat wajahnya agar memberikan impresi bagus bagi setiap orang yang menemuinya. Perawatan wajah biasanya dilakukan dengan membersihkannya secara rutin baik itu saat mandi maupun menjelang tidur. Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan kekeliruan dalam membersihkan wajah sehingga kesehatan kulit wajah pun terganggu. Apa sajakah kekeliruan dalam membersihkan wajah tersebut?

doktersehat-cuci-muka-wanita-wajah-karbunkel-bisul-besar

Banyak orang yang berpikir bahwa semakin sering kita membersihkan wajah, maka semakin bersih pula wajah kita? Hal ini ternyata sangat keliru karena dapat merusak kesehatan kulit wajah. Kulit wajah yang terlalu sering dibersihkan tentu akan kehilangan kelembaban sehingga kulit wajah pun justru menjadi kering. Menggunakan pembersih tanpa sempat membilas kulit wajah terlebih dahulu ternyata adalah ide yang sangat buruk. Memang, pembersih bisa menghilangkan kandungan minyak pada kulit wajah dengan efektif. Namun, jika kita sering menggunakan pembersih ini tentu akan membuat lapisan alami minyak pada kulit wajah akan menghilang sehingga kulit pun mudah mengering. Kombinasikan pembersih wajah tanpa air dengan pembersihan air dengan sabun, khususnya yang memiliki pelembab yang baik bagi kulit wajah.

Sabun pembersih kulit wajah yang mengandung deterjen ternyata bisa menghilangkan lapisan alami minyak pada kulit dengan cepat. Kelembaban kulit pun bisa dengan mudah menghilang jika kita terlalu sering memakai sabun pembersih yang mengandung banyak deterjen. Disamping itu, sabun yang mengandung pH basa terlalu tinggi juga bisa menjadi penyebab kulit kering, sebagaimana pembersih yang cenderung mengandung kadar alkohol terlalu banyak.

Air masih bisa dianggap sebagai pembersih alami bagi kulit wajah yang sangat baik. Hanya saja, kita bisa mengkombinasikan air dengan sabun pembersih yang terbuat dari bahan alami sekaligus memiliki pelembab yang membuat kulit wajah tidak mudah kering. Lakukan pembersihan kulit wajah sewajarnya dan tidak perlu menggunakan air terlalu panas sebagai pembilas wajah karena bisa menyebabkan peradangan pada kulit.