Kehamilan Trimester Kedua Apa Yang Harus Dilakukan?

DokterSehat.Com – Hamil trisemester dua adalah saat penting ketika seorang calon ibu mempersiapkan kondisi mental dan fisik secara optimal. Bagi wanita bekerja, ini juga waktu yang tepat untuk segera mengambil cuti hamil. Selain untuk meningkatkan kondisi janin, situasi yang nyaman di rumah bersama suami akan lebih baik daripada di luar. Nah, selain itu ada 5 hal lain yang perlu dilakukan :

10

  • Memperhatikan berat badan
    Jika Anda perhatikan ukuran berat badan yang bertambah, itu adalah wajar. Tetaplah mengkonsultasikan dengan dokter kandungan dan memilih daftar menu makanan yang seharusnya Anda santap. Perlu diingat bahwa seorang ibu hamil bukan makan untuk dirinya saja. Namun dia juga sedang memberi makan pada janin yang sedang dikandungnya. Tentunya, tidak ada larangan untuk melakukan olahraga bagi seorang ibu hamil. Paling baik adalah dengan berjalan-jalan santai selama beberapa menit. Olahraga semacam ini akan sangat berdampak baik di masa melahirkan nanti. Jika tertarik, ada pilihan lain seperti berenang. Berenang akan membantu melenturkan otot dan melatih tenaga secara lembut.  Umumnya, olahraga yang poluler adalah yoga. Yoga sangat penting untuk melatih pernapasan yang berguna di proses persalinan nanti.
  • Pemeriksaan rutin
    Buatlah janji dengan dokter atau bidan secara teratur. Lakukan konsultasi mengenai apa yang sebaiknya Anda lakukan dalam minggu-minggu ke depan. Ini juga waktu yang tepat untuk mencari tahu mengenai jenis kelamin bayi Anda. Tetapi semuanya bukan jaminan utama karena yang menentukan pada akhirnya adalah Tuhan. Selain itu, ini juga waktu terbaik untuk memilih beberapa orang kepercayaan, seperti suami, ibu atau saudara untuk menemani Anda selama menunggu dan menjalani proses kelahiran bayi.
  • Mengatur posisi tidur
    Biasakanlah untuk tidur menyamping. Perlu diingat bahwa kandungan semakin membesar dan ini akan sedikit sulit. Sementara itu, posisi telentang kurang baik karena akan menyulitkan Anda dan berdampak pada janin. Oleh karena itu, tidurlah dengan posisi miring berhadapan dengan suami, dan jangan lupa menggunakan bantal.
  • Memeriksa kondisi gigi
    Di usia kehamilan tersebut, gusi akan sering berdarah. Jangan khawatir karena itu wajar. Gusi berdarah terjadi akibat tingginya hormon di dalam tubuh. Namun jangan diabaikan karena bisa menimbulkan infeksi. Oleh sebab itu, aturlah jadwal teratur untuk memeriksakan diri ke dokter gigi.
  • Minum banyak air
    Setiap saat, di mana pun bepergian, bawalah selalu air minum. Anda bisa mengisikannya ke dalam botol minum. Asupan air putih yang cukup adalah syarat penting untuk mencegah dehidrasi. Paling tidak, setiap hari konsumsi 1,5 liter air. Kadar air putih di dalam tubuh akan membantu melancaran aliran nutrisi dan darah ke janin. Air putih juga sangat penting untu mencegah ambeien, sembelit dan infeksi saluran kemih.