Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Bagi Pengidap Diabetes

doktersehat tips diabetes hamil

DokterSehat.Com– Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh sebagian masyarakat Indonesia. Bagi wanita hamil dengan diabetes, perlu memahami bahwa kehamilan dengan diabetes merupakan salah satu jenis kehamilan yang berisiko. Untuk itu, ibu hamil perlu memantau kadar gula darah secara rutin selama kehamilan.

Tips menjaga kehamilan bagi ibu hamil dengan diabetes

Diabates saat hamil dapat dibagi menjadi dua, yaitu diabetes gestasional dan diabetes yang terjadi sebelum kehamilan. Kedua kondisi ini sama-sama berisiko bagi ibu dan janin. Namun tak perlu kahwatir, ibu hamil bisa tetap menjaga kesehatan selama hamil dengan cara berikut:

1. Rutin berkonsultasi dengan dokter

Bagi kondisi diabetes yang sudah diketahui sejak sebelum kehamilan, ibu dapat berkonsultasi dengan dokter sekitar 3-6 bulan ketika program hamil atau sebelum kehamilan terjadi. Konsultasi ini perlu untuk mendapat saran bagaimana menjaga gula darah dan mendapat penggantian obat jika diperlukan.

2. Lakukan pemeriksaan dengan rutin

Ketika sebelum mengandung hingga saat kehamilan, lakukanlah pemeriksaan yang dibutuhkan seperti pemeriksaan gula darah dengan rutin, USG, dan pemeriksaan lain yang diperlukan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin.

3. Makan makanan yang sehat

Saat hamil, pola makan yang sehat dapat membantu Anda menjaga kesehatan selama kehamilan. Beberapa makanan yang disarankan bagi ibu hamil dengan diabetes di antaranya susu tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan dan makanan yang kaya asam folat. Hindari makanan dengan kadar gula tinggi agar kadar gula darah tetap stabil.

4. Berolahlaraga dengan rutin

Olahraga dengan rutin dapat membantu ibu hamil menjaga kadar gula selama kehamilan. Jangan lupa untuk memeriksa kadar gula darah ketika sebelum dan sesudah olahraga, dan pilih jenis olahraga yang sesuai.

Pengaruh diabetes pada kehamilan

Diabetes yang terjadi saat hamil dapat memicu beberapa risiko seperti macrosomia, atau kelahiran bayi lebih besara dari bayi kebanyakan, keguguran, prematur atau si kecil meninggal di dalam rahim, dan si kecil juga berisiko mengalami diabetes saat lahir. Karena itu ibu hamil perlu memberi perhatian khusus pada kesehatan saat sedang hamil.