informasi kesehatan


Seputar Kehamilan Palsu / Pseudocysis

Seputar Kehamilan Palsu / Pseudocysis

Dokter Sehat - Sering kali saat seorang ibu sedang sangat berharap memperoleh buah hati akan merasa dirinya sedang mengandung. Pusing, mual, dan rasa lelah yang cepat hinggap, membuatnya teryakinkan bahwa sudah ada jabang bayi dalam rahimnya, apalagi haidnya pun sudah tak datang.

Tapi, apa yang terjadi jika hal itu ternyata palsu? Kehamilan palsu atau Pseudocysis ( berasal dari bahasa Yunani dimana pseudes = false dan kyesis = pregnancy) adalah suatu kondisi dimana seorang perempuan merasa hamil, namun sebenarnya dia tidak hamil. Dalam keadaan ini, seorang perempuan akan merasakan gejala-gejala umum sama seperti yang dialami ibu hamil. Misalnya saja, tidak haid, perut semakin besar, mual, pusing dan payudara membesar. Tapi jika diperiksa secara medis, misalnya tes urin, akan diketahui bahwa anda tidak hamil. Adanya tiga hal yang tidak ditemukan dalam kehamilan palus: denyut jantung janin tidak terdengar, USG tidak memperlihatkan adanya bayi dan yang terakhir jelas saja nggak bakalan melahirkan bayi. biggrinbiggrinbiggrin Frekuensinya sangat jarang yaitu 1-6 per 22.000 persalinan.

Kejadian yang paling terkenal untuk contoh kehamilan palsu adalah Marie Tudor, anak perempuan Henry ke VII dan Isteri dari Louis ke XII . Merupakan kasus hamil palsu yang terkenal dalam sejarah. Hal ini terjadi karena Marie Tudor sangat ingin punya anak untuk menyelamatkan muka ayahnya yang memancung semua selirnya yang tidak dapat mempunyai anak.

Penyebabnya diduga gangguan psikologis, dimana seorang wanita mempunyai keinginan yang kuat untuk hamil, menterjemahkan perubahan2 kecil pada dirinya sebagai suatu kehamilan. Hebatnya lagi test kehamilan bisa positf (false positif=positif palsu). Air susu juga bisa keluar. Keduanya terjadi lewat jalur hypothalamus-hypofise. Perut membesar akibat penumpukan lemak didinding perut. Gerakan gas dalam perut disangka gerakan bayi. Karena secara fisik kondisinya normal maka tidak dibutukan obat2an kecuali jika ingin memancing haidnya muncul kembali. Pengobatan hanya dilakukan konseling dengan psikoterapist.

Hal ini disebabkan karena pseudocyesis bisa memicu kelenjar di dalam otak untuk menghasilkan hormon kehamilan, oxytocin. Meski penelitian mengenai masalah ini masih sangat sedikit, sejumlah pakar medis berkeyakinan, pseudocyesis akut bisa meningkatkan hormon estrogen dan prolactin yang dapat mempengaruhi perubahan fisik menjadi seolah wanita hamil seperti perut membuncit, dan payudara mengeras karena peningkatan hormon tersebut.

Wanita yang  memiliki risiko untuk mengalami kelainan ini :

  1. wanita yang belum dapat anak pada usia akhir 30 atau awal 40 tahun.
  2. Wanita dengan kondisi emosi yang tidak stabil, terutama yang berhubungan dengan kehamilan.
  3. Wanita dengan riwayat abortus ataupun kematian janin sebelumnya.

Yang menarik mengenai kehamilan palsu ini dapat juga dialami oleh pria (penderita Couvade syndrome / sympathetic pregnancy), biasanya terjadi pada para suami yang sangat dekat dengan istrinya dan mempunyai simpati yang berlebihan sehingga mengalami tanda-tanda yang sama dengan kehamilan: morning sickness, emosi yang tidak menentu, NGIDAM, gangguan pencernaan, perubahan nafsu makan, berat badan, diare, sembelit, sakit kepala, sakit gigi, ketagihan, mual, pembesaran payudara, pengerasan puting dan insomnia . Dalam beberapa kasus ekstrim, ayah dapat tumbuh perut mirip dengan wanita hamil bulan-7.

[dari berbagai referensi medis]

pf button both Seputar Kehamilan Palsu / Pseudocysis
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

35 Responses to “Seputar Kehamilan Palsu / Pseudocysis”

  1. yanti says:

    makasi atas infonya, saya sedang mengalami hal tersebut, saya jadi sedih,,,

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  2. yanti says:

    makasi atas infonya, saya mengalami hal tersebut, jadinya saya sedih sekali.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. mutiara says:

    saya jg mengalami hal yang sama,dan itu sangat menyedihkan..tp tetep berusaha dan doa..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  4. Aira says:

    saya jga mengalaminya,tapi akan tetap berusaha dan berdoa..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Sarah says:

    Saya ingin bertanya.Bulan lalu saya datng bulan tgl 12 juli’11 dan siklus saya 30 hari.Jika berdasarkan siklus seharusnya saya datang bulan tgl 10.Tapi hingga hari ini (16/8/11)saya belum datang bulan juga.Saya sudah coba tespack tgl.13/8/11 tapi hasil nya negatif.Apakah saya hamil atau kehamilan palsu?Karena saya belum tespack ulang semenjak tgl.13 tsb.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Tunggu seminggu, bila masih belum mens juga, ulangi tes pack atau segera konsultasi ke dokter kandungan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. sari says:

    Thanx ya..pertanyaan yg slalu ada dipikiran saya selama ini udah terjawab…ternyata saya selama ini mengalami pseudocysis…memang sedih sih cmn saya masih punya semangat n’harapan untuk bisa memiliki momongan…thanx..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. sari says:

    hmm..saya mengalaminya.tespect positif tetapi usg tidak ada tanda tanda2.padahal sudah minum penguat, vitamin dsb. sangat mengecewakan memang tetapi mau bagaimana,manusia hanya bisa berencana..kehamilan adalah misteri Ilahi

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. lila says:

    thanks ya… ternyata saya mengalami pseudosis,,,dan itu sangat menyedihkan diriku,,, tiap bulan selalu berharap dan bertambah gemuk badan saya…semoga semangat saya selalu ada untuk selalu berharap tentang kehamilan..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. Shelly says:

    Yah, sekarang saya mengerti sudah berkat artikel dia atas. Saya juga mengalaminya sejak dua bulan yang lalu bulan- bulan dimana saya mulai utk merencanakan kehamilan, memang dua bulan tersebut saya gagal, saya juga mengalami gejala2 seperti sudah hamil,tapi Terima kasih kepada Tuhan telah memberi kami janin untuk anak kedua kami kehamilan pun didapatkan di bulan ketiga kami mencoba nya.
    Jadi untuk teman2 yang lain, jangan menyerah, terus berjuang dan mencoba…..Tuhan pasti akan memberikan nya kalo sudah jodoh dan saat nya….:)

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  10. hartini says:

    Apa aku juga sebenarnya lg mengalami pseudocisis??? tanda2nya seperti itu, USG gak keliatan, tp tespack positif. Hik Hik,,,, sedih bgt

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 4 Thumb down 1

  11. nila says:

    saya ingin bertanya??
    ada tetangga saya yang merasa ada gerakan janin..tetapi di tes urinenya negatif.
    dya juga menstruasi.
    bagaimana menurut anda?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. ;.; says:

    bisa lakukan USG @nila -

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  13. ermi says:

    boleh saya bertanya?
    kalau yg saya alami; sy merasakan gerakan2 yg kuat dlm perut sprt sdg hamil, tp menstruasi sy tetap teratur dan saat ini saya sdh kb steril dg cara dipotong. apa kira2 penjelasan ttg ini?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila menstruasi tentu Saja tidak hamil. Bila merasakan gerakan yang kuat dalam perut sebaiknya anda periksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik Dan bila perlu tambahan lainnya untuk mengetahui penyebabnya. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. putri eka says:

    pengalaman kakak ipar saya,,gag tau yach hamil palsu ato gmn,,gag mens 3minggu,,,tyus di periksa k bidan katanya hamil 8minggu,,pas 10 minggu di usg kt dokter hanya pembesaran rahim,kemusian bidannya bilang masuk angin setelah baca diagnosa dokter,bidannya bilang masuk angin lah ini lah itu lah,,,gag yakin getu kyk awalx,,,sampek sekarang gag mens,,kakakq perutx juga besar,,kebetulan dy tu percaya ma hal hal mistik dy tanya k orang pinter”ktx sengaja janinya ditutupi ma seseorang,,hehehehe,,aneh gag tuch,,,kakaq da umur 30th dy nikah da 2kali ma suamix yg dulu katanya suamix yg mandul,,,,klo menurutq ce dy tu ambisi untuk hami krn malu ma suami k 2 nya,,

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 1

  15. Rina says:

    sekarang saya sedang mengalami gejala seperti layaknya orang hamil,mual,pusing,sensitif pada bau,pelupa, dan kemaren sempet menjalani urut badan kata tukang urutnya sih ada janin (semoga saja) tetapi saya coba menggunakan test pack hasilnya negative..
    saya berharap apabila test lagi 2 minggu kemudian hasilnya positif,, amiin

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Jangan lakukan urut sembarangan terutama bagian perut, karena banyak kasus terjadi, setelah urut terjadi perdarahan atau Sakit perut yg terlambat sangat. Tunda test pack seminggu, bila belum mens, lakukan tes pack kembali atau segera konsultasi dengan dokter kandungan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. puspita ira says:

    Sy jg mengalami hal seperti itu sy ud telat 5 bln tdk mens d usg kt dokter tdk ad janiin tp tespek muncul 2 garis tp garis yg k dua msh remang2 sy jg merasakn gejala perut membesar,punting dn aeorola mnghitam dn mengeras.apkh itu d bilang hamil?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila Dari hasil USG tidak nampak Janin, maka tidak bisa dikatakan Hamil. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • puspita ira says:

        Dokter sy mau tnya?sy sdh 7 bln tidak haid d TP hasilnya negatif trs sy USG hasilnya jg tdk ad janin.tp sy merasakn ad pergerakn janin,PD sy jg membesar aerola menghitam sy jg merasakn gejala mual,pusing,enek dsb.trs perut sy tiap bln makin membesar knp ya dok?mohon penjelasannya dok terima kasih

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • puspita ira says:

          Apa yg d maksud dgn POC dokter?

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            Bisa diperjelas dimana konteks POC Ini? Karena berbeda konteks maka singkatannya juga berbeda. Trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Kemungkinan. Anda mengalami kehamilan Palsu seperti Yg disebutkan pada artikel diatas. Coba konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan anda mengenai Hal Ini. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. puspita ira says:

    Dok sy sdh konsultasi sm dokter kandungan mengenai hal yg sy sebutk kmaren tp sm dokter mlh d beri obat supaya haid tp sy sdh mnm smp hbis blm dtng jg haidnya apa kmungkinan sy hamil? Mohon penjelasannya terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila demikian sebaiknya anda kontrol kembali ke dokter Yg menangani anda. Dan tanyakan langsung secara mendetail mengenai kondisi anda. Dan perlu diketahui, bila memang terjadi kehamilan, tidak mungkin anda diberikan obat untuk datang haid, Karena bisa mengakibatkan keguguran. Jadi kemungkinan Ada penyebab lain Yg menyebabkan anda belum mens. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Bagi info yuks bunda...... - IbuHamil.com - [...] terjadi karena kehamilan yang begitu diharapkan oleh org tersebut.. ini saya juga ada linknya.. Seputar …
  2. Hati-Hati, Narsis Termasuk Gangguan Psikologis! | AkuMuda.com Article - [...] Seputar Kehamilan Palsu / Pseudocysis [...]