Aneh, Saat Hamil Gigi Wanita Ini Rusak Parah

Photo Source: Mirror.co.uk

DokterSehat.Com– Seorang wanita bernama Stacey Solomon menyebutkan bahwa kehamilan tak hanya membuatnya mengalami stres karena harus berhati-hati dengan aktivitasnya sehari-hari, melainkan juga membuat giginya rusak. Bagaimana bisa kehamilan ikut mempengaruhi kondisi gigi seseorang?

Dilansir dari Mirror.co.uk, wanita berusia 28 tahun ini menyebutkan bahwa gigi yang dimilikinya saat ini adalah hasil veneer. Sementara itu, gigi aslinya sudah mengalami kerusakan dan berwarna kecokelatan yang disebabkan oleh kehamilan yang sebelumnya ia alami.

Saat trimester pertama kehamilan, Stacey mulai merasakan keanehan pada kehamilan keduanya. Saat itu, ia merasa giginya terasa sakit dan memiliki warna yang aneh. Ia bahkan sampai menyebutkan bahwa ia justru lebih sering datang ke dokter gigi alih-alih ke ahli kandungan saat hamil.

“Tanpa aku mengerti apa penyebabnya, tiba-tiba saja gigiku rusak dan penuh dengan tambalan. Padahal, aku selalu menerapkan gaya hidup sehat baik saat hamil ataupun saat tidak hamil,” ucapnya.

Tak hanya mengalami kerusakan gigi, Stacey juga mengalami kesulitan untuk mengonsumsi makanan yang panas atau dingin karena akan mengalami sensasi kesakitan luar biasa pada giginya.

“Bahkan, saat udara sangat dingin, gigiku bisa terasa sangat ngilu,” ucapnya.

Sejak usia kehamilannya mencapai empat bulan, Stacey tak lagi mau tersenyum karena malu dengan kondisi giginya yang sangat buruk. Setelah melahirkan, ia pun memakai veneer gigi demi menutupi giginya yang rusak parah. Meskipun terlihat putih bersih, ia mengaku sama sekali tak bangga dengan gigi palsunya ini.

Pakar kesehatan bernama Dr. Nigel Carter dari Oral Health Foundation menyebutkan bahwa seringkali, ibu hamil akan mengalami pembengkakan pada gusi yang bisa saja berdarah. Perubahan hormon saat hamil memang bisa membuat gusi dan gigi lebih rentan terkena plak, inflamasi, dan pendarahan. Hal ini menyebabkan gingivitis kehamilan.

Kasus kerusakan gigi yang parah seperti yang dialami Stacey memang sangat jarang terjadi namun bisa saja menimpa ibu hamil yang tidak beruntung.