Perencanaan Kehamilan – Kehamilan dan Infeksi (Varicella dan Virus Zika)

DokterSehat.ComVaricella, atau cacar, dapat menyebabkan pneumonia atau bahkan kematian pada orang dewasa yang lebih tua dan pada wanita hamil. Vaksin varicella tersedia bagi wanita yang belum penah cacar, sehingga memang belum memiliki kekebalan terhadap cacar. Wanita yang menderita cacar di masa lalu tidak perlu vaksin karena mereka kebal. Wanita yang tidak yakin jika mereka kebal dapat menerima tes darah untuk menentukan status kekebalan. Vaksin akan diberikan jika tes darah menunjukkan mereka tidak kebal.

doktersehat-kehamilan-hamil

Virus zika adalah Flavivirus yang berhubungan dengan demam berdarah, West Nile, demam kuning, dan virus ensefalitis Jepang (Flaviviridae). Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang membawa virus. Penyakit yang dihasilkan berlangsung beberapa hari sampai satu minggu dan menyebabkan gejala seperti demam, ruam, nyeri sendi, dan konjungtivitis (mata merah). Sementara nyamuk diketahui sebagai vektor utama penularan, penularan virus dari ibu ke janin serta transmisi selama hubungan seksual juga telah dilaporkan. Infeksi juga dapat menyebar melalui transfusi produk darah yang terinfeksi. Virus telah diperkenalkan lebih awal di Afrika dan Indonesia, tetapi terus menyebar ke Amerika Utara dan Selatan (Meksiko, Columbia, Brazil, dan ke pulau-pulau Karibia). Wabah terbaru telah dijelaskan di Puerto Rico, Cape Verde Islands, dan Brasil, tetapi infeksi telah tercatat telah menyebar ke 30 negara. Di Brazil, infeksi virus telah dikaitkan dengan cacat lahir (terutama kepala kecil dan ukuran otak yang kecil, yang dikenal sebagai mikrosefali serta beberapa cacat mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan) pada bayi yang ibunya terinfeksi virus Zika selama kehamilan mereka, tetapi hubungan sebab-akibat langsung tidak terbukti, karena sementara wanita hamil di Brazil yang  memiliki gejala infeksi, tidak ada tes definitif untuk membuktikan bahwa mereka memiliki virus Zika.

Isolasi pertama virus Zika di AS terjadi pada bulan Januari 2016, di Harris County, Texas. individu yang terkena terinfeksi di El Salvador pada bulan November kembali ke Texas. Wanita hamil, terutama di trimester pertama dan awal trimester kedua, di daerah di mana penyakit ini lazim terjadi harus berupaya untuk menghindari gigitan nyamuk.

The US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah menyarankan bahwa wanita hamil dengan pasangan laki-laki yang telah melakukan perjalanan ke atau tinggal di, daerah di mana infeksi Zika aktif harus menahan diri dari seks atau penggunaan kondom saat berhubungan seks sampai kehamilan berakhir . Lebih dari 50 kasus sejak telah dilaporkan di AS pada 11 Februari 2016. Hingga saat ini, belum ada dokumentasi transmisi nyamuk virus Zika di luar AS.