Perencanaan Kehamilan – Kehamilan dan Infeksi (Parvovirus B19 dan HIV)

DokterSehat.ComParvovirus B19 adalah virus yang menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai penyakit kelima, penyakit ringan yang umum masa kanak-kanak. Transmisi adalah dengan tetesan di udara (sekret pernapasan) atau melalui darah. Wanita hamil yang sebelumnya tidak memiliki penyakit kelima harus menghindari kontak dengan orang-orang yang memilikinya karena parvovirus B-19 dapat menginfeksi janin sebelum lahir.

doktersehat-hamil-kehamilan-mual

  • Enam puluh lima persen dari wanita hamil di Amerika Utara memiliki bukti memiliki riwayat infeksi ini di masa lalu. Kejadian infeksi parvovirus B-19 akut pada kehamilan adalah sekitar 1% sampai 2% dalam periode endemik.
  • Infeksi parvovirus ditularkan melalui plasenta ke janin pada sekitar 30% dari wanita hamil yang terkena infeksi, dengan interval rata-rata 6 sampai 7 minggu antara paparan ibu dan infeksi janin. Bagi wanita yang terkena parvovirus pada trimester I. Tingkat kehilangan janin dapat setinggi 10%. Risiko tertinggi adalah antara 9 dan 16 minggu kehamilan. Risiko berkurang pada trimester kedua, dan komplikasi janin jarang terjadi selama 2 bulan terakhir kehamilan.
  • Meskipun tidak ada cacat lahir telah dilaporkan sebagai akibat dari penyakit kelima, dapat menyebabkan kematian janin yang belum lahir.

Ketika bepergian ke luar negeri, penting untuk menentukan penyakit apa yang umum terjadi di negara tersebut, apakah vaksin yang diperlukan, dan apakah aman selama kehamilan untuk berkunjung ke negara tersebut.

Infeksi human immunodeficiency virus (HIV) dapat ditularkan dari ibu ke bayinya. Kemungkinan kejadian penularan dari ibu ke bayi ini menurun secara substansial seiring dengan penggunaan obat-obatan tertentu yang dikonsumsi ibu selama kehamilan untuk mengatasi HIV. Wanita hamil secara rutin ditawarkan pengujian untuk infeksi HIV. Wanita dengan infeksi sebelumnya tidak terdeteksi yang ditemukan memiliki infeksi HIV dapat diberikan obat khusus untuk mencoba melindungi bayi. Pada saat yang sama, obat dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu sendiri.