Kehamilan Bukan Berarti Kita Berhenti Berolahraga

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan memang menyarankan wanita hamil untuk tidak melakukan banyak aktifitas fisik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan kandungannya. Hanya saja, anjuran ini bukan berarti membuat ibu hamil hanyalah duduk dan tiduran sepanjang hari hingga masa persalinan tiba. Anjuran ini berarti ibu hamil harus berhati-hati dan tidak membuat tubuhnya kelelahan yang tentu akan berimbas langsung pada kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil yang sebelumnya rajin melakukan olahraga juga ternyata sebaiknya tidak menghentikan latihan fisik karena olahraga saat masa kehamilan ternyata juga baik bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-kehamilan-hamil-Infeksi-Cytomegalovirus

Tahukah anda, terdapat banyak sekali kasus dimana wanita akan mengalami masalah obesitas setelah masa kehamilan berakhir. Masalah obesitas ini kerap kali diawali dengan persepsi yang salah dimana ibu hamil haruslah banyak makan namun tidak boleh melakukan olahraga karena dianggap membahayakan kehamilan. Padahal, pakar kesehatan justru menyarankan agar wanita hamil tidak boleh hanya bersantai. Waktu kehamilan justru menjadi masa paling ideal untuk mengubah gaya hidup menjadi jauh lebih baik.

Jika ibu hamil cenderung malas untuk berolahraga, berbagai masalah kehamilan justru bisa mengintainya. Resiko untuk mendapatkan masalah keguguran atau kelahiran secara dini, kecacatan pada kelahiran, atau bahkan bayi yang mati saat dilahirkan bisa saja terjadi jika ibu hamil mengalami masalah obesitas. Bagi kesehatan ibu hamil sendiri, beberapa masalah layaknya diabetes gestasional, pembekuan darah, sleep apnea, hingga masalah kesehatan pun siap mengintai jika obesitas melanda.

Olahraga bagi ibu hamil tentulah berbeda jika dibandingkan dengan olahraga bagi wanita pada umumnya. Sebagai contoh, ibu hamil jelas tidak disarankan melakukan jogging yang tentu bisa membahayakan kehamilan. Pakar kesehatan menyebutkan jika olahraga yang aman bagi ibu hamil adalah berenang, berjalan, atau melakukan yoga hamil yang dianggap bisa menjaga kesehatan ibu dan janinnya secara optimal tanpa resiko tinggi.

Baca Juga:  Agar Gairah Seks Tetap Membara, Batasi Asupan Kalori Setiap Hari