Kehadiran Ayah, Kunci Utama Menyelamatkan Anak Dari Seks Bebas

DokterSehat.Com – Tak hanya di Indonesia, kini semakin banyak masyarakat di seluruh dunia yang mengkhawatirkan gaya hidup para anak muda dan remaja yang semakin gencar melakukan seks bebas. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika resiko untuk terkena penyakit menular, baik itu yang berupa penyakit seksual menular atau bahkan yang beresiko tinggi layaknya virus zika belakangan ini ikut meningkat karena hal ini. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Redlands di California, Amerika Serikat menunjukkan jika ada banyak faktor penyebab mengapa semakin maraknya pecinta seks bebas di kalangan remaja, salah satunya ternyata adalah kehadiran orang tua dalam kehidupan anak, khususnya ayahnya.

doktersehat-anak-ayah-seks-bebas

Dari penelitian ini, diketahui jika karena faktor tuntutan ekonomi, banyak anak remaja yang merelakan waktu petumbuhannya tidak benar-benar bisa dekat dengan ayahnya. Penelitian yang melibatkan 92 mahasiswa pria dan 247 mahasiswa wanita dari dua perguruan tinggi ini dilakukan dengan cara mahasiswa mengisi survei online tentang hubungan mereka dengan orang tuanya, khususnya dengan ayahnya. Hasilnya adalah, mereka yang cenderung tidak merasakan kehadiran ayahnya akan lebih beresiko ikut terlibat dalam kehdiupan seks bebas jika dibandingkan dengan mereka yang masih berhubungan hangat dengan ayahnya.

Penelitian ini juga menunjukkan jika mereka yang sudah tidak lagi hidup dengan ayah biologisnya akan cenderung lebih sering berhubungan intim secara bebas. Selain itu, mahasiwa pria akan cenderung lebih sering melakukan kencan satu malam jika dibandingkan dengan para mahasiwa wanita.

Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat menyebutkan jika ada kemungkinan bahwa hubungan antara orang tua dengan anak ikut memberikan pengalaman pada anak tentang hubungan dewasa dan hubungan seks di masa depan. Anak-anak yang sering terkena masalah di rumah dan jarang mendapatkan perhatian dari ayahnya, akan cenderung merasa tidak aman dan mencari kasih sayang di luar rumah. Hal inilah yang memicu semakin mudahnya mereka melakukan seks bebas. Karena alasan inilah ada baiknya ayah selalu mendampingi anak-anaknya dengan harapan ada orang yang selalu memberikan perlindungan dan dukungan sehingga resiko terlibat seks bebas pun menurun.