Mengintip Kegunaan Minyak Calamondin untuk Kulit Anda

doktersehat-manfaat-minyak-calamondin
Photo Credit: Flickr.com/Forest Starr and Kim Starr

DokterSehat.Com– Calamondin atau yang juga biasa disebut dengan calamansi merupakan salah satu jenis dari jeruk nipis. Berbeda dari jeruk nipis pada umumnya, calamondin memiliki daging buah yang berwarna kuning. Tidak heran jika calamondin juga termasuk ke dalam buah-buahan penyedia vitamin C dan antioksidan. Tidak hanya digunakan sebagai bahan utama pada minuman segar, calamondin rupanya juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kulit.

1. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Dilansir dari laman Beauty Glimpse, minyak yang diperoleh dari proses ekstraksi calamandin ternyata kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan sumber dari antioksidan yang secara ampuh dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Terutama yang disebabkan oleh sinar UV mau pun penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya secara berkelanjutan.

2. Mencerahkan Kulit

Terlalu sering menghabiskan waktu di tempat terbuka rupanya juga berimbas pada keseahatan kulit. Tidak heran jika kulit terihat semakin gelap dan tidak jarang malah mengalami hyperpigmentation. Salah satu cara alami untuk mengatasi hal tersebut dan mencerahkan kulit adalah dengan menggunakan minyak calamondin. Minyak satu ini mengandung asam yang dapat mengembalikan kecerahan kulit. Tidak hanya mencerahkan, minyak calamondin juga mampu memudarkan flek atau noda hitam pada kulit secara alami.

3. Meluruhkan Sel Kulit Mati

Kulit yang kusam merupakan salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati. Biasanya, kondisi yang demikian akan diatasi dengan eksfoliasi menggunakan scrub atau eksfolian alami. Bagi Anda yang menjajal eksfolian alami, tidak ada salahnya menggunakan minyak calamondin yang juga mampu meluruhkan lapisan sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru.

Minyak calamondin sendiri rupanya sudah banyak digunakan dalam industri produk perawatan kulit dan kecantikan. Apalagi minyak dari jeruk nipis kuning ini memberikan manfaat yang beragam dan baik untuk kesehatan kulit.