Keguguran Karena Darah Tinggi

DokterSehat.Com– Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya keguguran. Tekanan darah tinggi atau yang sering disebut dengan hipertensi menyebabkan gangguan pada struktur pembuluh darah baik di seluruh tubuh maupun dalam rahim. Akibat terjadinya gangguan ini, pembuluh darah menjadi terganggu dan membuat dinding rahim menjadi tidak nyaman selama kehamilan.

doktersehat-hamil-kehamilan-mual

Tekanan darah tinggi membuat pembuluh darah menyempit sehingga aluran oksigen ke janin berkurang dan menyebabkan pertumbuhan janin terganggu. Apabila hal ini terjadi pada kehamilan muda, tentu saja dapat menyebabkan keguguran, bila terjadi pada trimester kedua maupun ketiga dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan janin hingga kematian janin.

Jika penderita hipertensi ingin hamil, maka dianjurkan untuk mengontrol tekanan darah serta diberi terapi obat untuk menjaga tekanan darah tetap pada batas normal. Jika sudah hamil maka dosis obat tersebut disesuaikan kembali dan ibu hamil tetap harus berkonsultasi dengan dokter kandungan maupun dokter internis (penyakit dalam).