Kedua Bayi Kembar Ini Terlahir Dengan Berat Badan Tak Sampai Dua Ons

DokterSehat.Com – Salah satu kondisi kehamilan yang cukup banyak dihindari oleh banyak ibu hamil adalah kelahiran prematur. Bayi yang terlahir dengan prematur akan cenderung lebih rentan terkena berbagai macam penyakit sehingga harus dirawat dengan sangat hati-hati. Namun, apa yang terjadi pada bayi kembar prematur asal Inggris ini sangatlah luar biasa dimana bayi yang bernama Annabelle dan Imogen ini terlahir dengan berat badan tidak lebih dari dua ons. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-bayi-kembar

Annabelle dan Imogen ternyata terlahir saat usia kehamilan baru mencapai 24 minggu. Melihat berat badan mereka sangat kurang dan fisiknya terlihat ringkih, pihak rumah sakit The Royal Hospital Alexandria yang berada di kota Paisley, tempat dimana kembar ini dilahirkan, akhirnya merawat keduanya di dalam mesin inkubator selama 23 minggu. Yang luar biasa adalah, kedua bayi ini ternyata mampu berkembang dengan baik sebagaimana anak-anak biasanya dan cenderung sehat.

James Weir dan Claire, istrinya, mengaku sangat khawatir dengan kondisi kedua buah hatinya saat lahir. Tak hanya berat badannya yang sangat minim, Annabelle dan Imogen juga harus melalui banyak masa krisis, berbagai macam transfusi darah, hingga operasi darurat. Beruntung, keduanya ternyata sangat kuat dalam menghadapi masa-masa kritis tersebut dan kini berada dalam kondisi yang sehat.

Pakar kesehatan yang menangani kelahiran kembar ini menyebutkan jika penyebab mereka terlahir secara prematur adalah pecahnya air ketuban dan juga munculnya infeksi pada kandungan Claire. Setelah diperiksa, dokter pun akhirnya memutuskan untuk melakukan operasi persalinan darurat demi menyelamatkan kedua bayinya. Memang, proses ini cukup beresiko karena bisa saja dalam proses operasi atau proses perawatan kedua bayi ini bisa meninggal dunia. Namun, dokter akhirnya bisa bernafas lega melihat kondisi kedua bayi kini baik-baik saja.

Baca Juga:  Ibu Hamil Bertubuh Pendek? Waspadai Munculnya Masalah Saat Melahirkan Ini

Tak hanya memiliki kasus yang luar biasa, para dokter menyebut jika Annabelle dan juga Imogen sebagai bayi kembar yang terlahir dengan usia kehamilan termuda di Inggris.