Kecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Cara Alami

DokterSehat.Com – Banyak kerusakan kulit teradi disebabkan oleh adanya pori-pori kulit yang besar, namun bayak pula cara yang ditawarkan agar dapt mengecilkan pori-pori anda.



Cara mengatasi pori-pori tentu saja beragam dan harus selektif memilihnya. Sebab jika tidak, pori-pori akan membesar dan mengecil dengan cara yang tidak alami.

Oleh karena itu cara dibawah dapat membantu anda untuk mengatasi pori-pori dengan cara alami :

  • Tomat
    Kandungan vitamin C yang tinggi membuat tomat sangat baik untuk kesehatan kulit. Terapkan masker tomat untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Namun, pastikan menggunakan tomat organik untuk menjamin kemurniannya. Caranya, belah buah tomat menjadi dua, lalu haluskan dengan blender. Terapkan jus tomat di wajah. Diamkan sekitar 10 menit, kemudian bilas dengan air.
  • Baking soda
    Baking Soda ternyata memiliki banyak manfaat termasuk juga menyusutkan pori-pori. Gunakan sekitar dua sendok makan soda kue, campur dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Terapkan ke kulit Anda. Biarkan sampai kering, kemudian bilas dengan air. Tidak hanya mengecilkan pori-pori, sensasi segar di kulit wajah juga akan Anda rasakan.
  • Cuka apel
    Yang Anda perlukan adalah cuka sari apel. Campur sekitar tiga sendok makan cuka sari apel dan satu sendok air, aduk rata. Terapkan ke wajah Anda dengan bola kapas.
  • Putih telur
    Kemampuan putih telur sebagai zat perekat sudah tidak diragukan lagi. Hal itu dapat dimanfaatkan untuk mengencangkan wajah dan mengecilkan pori-pori.

    Pisahkan putih telur dari kuning telur. Masukkan ke wadah, tambahkan setengah sendok teh madu murni, aduk-aduk hingga menjadi pasta. Oleskan campuran tersebut pada wajah secara merata. Diamkan hingga mengering dan rasakan tarikan dari putih telur. Terakhir, bilas dengan air dingin hingga bersih.

  • Jeruk nipis
    Jeruk nipis kaya antioksidan. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga tidak diragukan lagi.

    Ambil jeruk nipis berukuran sedang, potong tipis-tipis, kemudian tempelkan pada wajah hingga merata. Sebelumnya, pastikan wajah telah bersih dari make up dan kotoran lainnya. Biarkan jeruk nipis selama 10 menit. Kemudian, basuh dengan air hangat.

  • Pepaya
    Selain dikonsumsi, buah berwarna merah ini juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Parut seperempat pepaya yang tidak terlalu masak hingga halus. Oleskan pada wajah secara menyeluruh. Diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat.
  • Oatmeal dan Lemon
    Oatmeal memiliki tekstur agak kasar, sehingga baik digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sementara lemon kaya antioksidan yang bagus untuk kulit.

    Ambil satu sendok makan oatmeal, tuang ke dalam wadah. Tambahkan perasan lemon secukupnya, kemudian aduk-aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada seluruh wajah hingga merata. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin.