Kecelakaan, Mantan Juara Dunia MotoGP Nicky Hayden Sedang Dalam Kondisi Koma

DokterSehat.Com– Sebuah kabar mengejutkan datang dari dunia olahraga otomotif dimana juara dunia MotoGP tahun 2006 dari Amerika Serikat, Nicky Hayden, baru-baru ini mengalami kecelakaan saat sedang bersepeda di kota Rimini, Italia. Hayden yang kini mengikuti ajang balapan World Superbike ini ditabrak oleh mobil sehingga mengalami cedera parah di kepala dan dada. Bahkan, dikabarkan Hayden kini berada dalam kondisi induced coma.



Dilansir dari laman motorsport.com, Hayden sedang dalam kondisi serious polytrauma with subsequent serious cerebral damage yang berarti otaknya mengalami pembengkakan yang bisa menyebabkan peningkatan tekanan pada bagian dalam tempurung kepala atau dalam dunia medis disebut sebagai intracranial pressure. Pihak rumah sakit setempat yang menangani Hayden sendiri masih belum bisa memberikan kepastian tentang kondisi Hayden selanjutnya. Namun, satu hal yang pasti, tindakan operasi sangatlah dibutuhkan demi mengurangi tekanan tersebut demi menghindari dampak yang jauh lebih fatal.

Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut, tim dokter yang menangani Hayden akhirnya menempatkan sang pembalap dalam kondisi medically induced coma atau yang bisa kita sebut sebagai koma saja. Tindakan ini dilakukan karena Hayden sedang dalam resiko yang sangat besar untuk mengalami kerusakan parah pada otak. Dengan menempatkannya dalam kondisi koma ini, maka tekanan dari dalam otak juga akan lebih bisa dikendalikan karena otak berada dalam kondisi beristirahat sehingga diharapkan pembengkakan pun bisa semakin menurun.

Lantas seberapa lama Hayden akan berada dalam kondisi ini? Tim dokter menyebutkan bahwa hal ini sangat bergantung pada jenis cedera atau perkembangan kesehatan Hayden. Jika cukup beruntung, Hayden bisa saja hanya akan berada dalam kondisi koma selama beberapa hari, namun, bisa jadi Hayden akan berada dalam kondisi koma hingga berbulan-bulan lamanya.

Baca Juga:  Wanita Ini Terbangun Setelah Koma Selama 7 Tahun!

Mantan rekan setim sekaligus rival Hayden di MotoGP, Valentino Rossi, menyebutkan bahwa apa yang menimpa Hayden ini sangatleh menyedihkan. Ia sendiri mendoakan yang terbaik bagi Hayden agar bisa segera sembuh.