Kecanduan Sosial Media Beresiko Menambah Masalah Berat Badan

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika kecanduan media sosial bisa menyebabkan banyak kerugian kesehatan. Salah satunya yang cukup sering terjadi di masyarakat adalah kecenderungan pecandu media sosial untuk mendapatkan masalah depresi. Selain itu, kecanduan media sosial ternyata juga bisa mempengaruhi berat badan seseorang sehingga bisa membuat diet menjadi berantakan.

doktersehat-lemak-gemuk-lipedema-melahirkan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Oxford University oleh Charles Spence menyebutkan jika seseorang yang mengikuti akun-akun yang kerap menunjukkan gambar-gambar makanan atau minuman yang lezat ternyata bisa mempengaruhi diet seseorang dengan signifikan. Tanpa kita sadari, melihat makanan atau minuman enak ini akan membuat anda memiliki keinginan makan jauh lebih banyak dan lebih sering. Yang lebih parah adalah, anda juga terpancing untuk banyak mengkonsumsi makanan yang kurang sehat; baik itu yang memiliki banyak kandungan gula maupun yang memiliki banyak kandungan lemak. Jika hal ini terjadi, berat badan anda tentu akan mudah mengalami peningkatan.

Saat melihat postingan makanan atau minuman yang enak, otak kita ternyata terangsang untuk segera mencari makanan tersebut tanpa mempertimbangkan apakah makana itu sehat atau tidak. Yang ada dalam pikiarn kita adalah keinginan untuk mencicipi makanan yang ada dalam postingan harus segera dipenuhi.

Penelitian lain yang dirilis oleh New York Magazine menyebutkan jika postingan makanan yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi ternyata bisa membuat otak kita mudah terasa lapar dan ingin segera memburunya. Jika kita tidak bisa menghadapi godaan melihat gambar-gambar makanan yang lezat ini, maka kita pun akan dengan mudah akan menikmati makanan yang tidak sehat sehingga diet pun akan beresiko gagal dan berat badan kita pun akan cenderung meningkat.