Kecanduan Main Ponsel Bisa Ganggu Kesehatan Tulang

DokterSehat.Com – Ponsel dan gadget merupakan salah satu benda yang tak pernah bisa lepas dari kehidupan manusia modern seperti ini. Dalam segala aktivitas sehari-hari, rasanya tak lepas dari keberadaan ponsel atau gadget. Tapi tahukah kamu, main ponsel atau gadget yang terlalu berlebihan akan berakibat fatal bagi kesehatan tulang belakang. Apalagi, jika bermain ponsel ini telah dilakukan sejak usia yang masih sangat dini atau anak-anak.

8

Beberapa penelitian terbaru mengungkapkan jika bermain ponsel atau gadget bisa bikin tulang belakang rusak dan rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Dikutip dari laman dailymail.co.uk, seorang pakar tulang belakang di New South Wales, Dr. James Carter mengungkapkan jika kali ini terjadi peningkatan kerusakan pada tulang belakang.

Yang lebih mengejutkan, kerusakan ini dialami oleh remaja dan anak-anak usia sekolah. Penyebab kerusakan ini sendiri adalah pengaruh ponsel atau gadget. Dan bagi dokter Carter, kasus ini telah menjadi kasus yang sangat serius.
Menurut Dr. Carter, pengaruh ponsel tak tak hanya memicu kerusakan tulang belakang saja. Lebih jauh, ponsel juga memicu kerusakan pada tulang punggung hingga tulang leher. Jika sudah begini, hal ini bisa berpengaruh berat pada pelepasan hormon bahagia yakni endorfin. Dr. Carter mengatakan Kondisi ini disebut the neck. Kebiasaan menundukkan kepala saat melihat ponsel selama berjam-jam sekaligus, hal ini memicu banyaknya kerusakan pada tulang belakang tubuh manusia, tulang punggung dan tulang leher.

Para peneliti menyebutkan jika dalam memainkan ponsel, setiap orang bisa menghabiskan waktu setidaknya 4 jam atau bahkan lebih dalam sehari. Maka, dalam waktu satu tahun saja, untuk bermain ponsel, seseorang bisa menghabiskan waktu sedikitnya 1.400 jam dalam setahun untuk menunduk memelototi ponsel. Normalnya, kepala manusia hanya berbobot 5 – 5 kg. Tapi, saat kepala menunduk dengan sudut 15 derajat, leher bisa menanggung beban setara 12.25 kg. Atau, beban yang lebih berat jika menunduknya juga terlalu rendah.

Baca Juga:  Studi: Konsumsi Cabai Rawit Efektif Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Menurut Dr. Carter, dampak dari menunduk ini sendiri akan sangat buruk bagi kesehatan tulang belakang, tulang punggung dan tulang leher. Seorang mantan gubernur Australian Spinal Research Foundation, kebiasaan main ponsel bisa menyebabkan tulang punggung bergeser 4 cm dari tempat aslinya. Dan tentu ini sangat berbahaya. Untuk menyembuhkan kondisi ini sendiri, tak jarang seseorang harus melakukan operasi bedah.

Meski menunduk karena main ponsel sangat berbahaya, hal ini masih bisa diminimalisir dengan melakukan olahraga yang teratur. Bahaya kecanduan ponsel juga bisa diatasi dengan memiliki pola hidup sehat. Dr. Carter menyarankan, agar pengaruh ponsel tidak terlalu buruk untuk kesehatan tulang belakang, kita bisa bermain ponsel dengan posisi tidur. Walau aman untuk tulang belakang, posisi tidur juga berdampak buruk untuk kesehatan mata.

So Ladies, agar ponsel tak berpengaruh buruk untuk kesehatan tulang belakang maupun mata, kamu tetap harus membatasi penggunaan ponsel ya. Jangan terlalu sering bermain ponsel.

BACA JUGA : Faktor Penyebab Keguguran dan Tanda Keguguran