Kecanduan Kopi Bisa Diredakan Dengan Cara-Cara Berikut

DokterSehat.Com – Banyak sekali informasi yang menyebutkan jika kopi yang dikonsumsi secara rutin setiap hari bisa memberikan banyak efek kesehatan bagi tubuh. Sayangnya, banyak orang yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan setiap hari dan akhirnya mengalam icandu. Rasa kopi yang nikmat memang bisa menjadi teman saat bekerja atau sekadar menikmati waktu melihat acara televisi. Hanya saja, kecanduan kopi ternyata bisa membuat beberapa gangguan kesehatan pada tubuh yang sangat tidak nyaman layaknya rasa cemas, sakit perut, suasana hati yang cenderung tidak nyaman dan juga gugup. Dalam beberapa kasus, pecandu kopi akan kesulitan mendapatkan waktu tidur yang nyenyak yang tentu akan berpengaruh besar pada proses detoksifikasi tubuh dan resiko mendapatkan penyakit berbahaya.



Beberapa pecandu kopi melaporkan beberapa gejala layaknya rasa sakit pada kepala tau kondisi tubuh yang cenderung melemah dan hanya bisa diobati jika mengkonsumsi kopi. Hal ini berarti jika seseorang berusaha untuk mengurangi konsumsi kopinya, maka ia pun akan mendapati tubuhnya menjadi lebih lesu dan kesulitan mendapatkan konsentrasi untuk menyelasaikan berbagai aktifitas harian.

Jika kita ingin mengurangi kecanduan pada kopi, kita sebaiknya melakukannya dengan cara bertahap. Dalam lima minggu, cobalah untuk mengurangi konsumsi kafein secara bertahap. Setiap minggunya, kita bisa mengurangi konsumsi kopi hingga dua gelas secara berturut-turut dan lama kelamaan pun tubuh kita akan terbiasa untuk mengkonsumsi kopi dengan kadar yang normal; yakni sekitar 670 mg per hari yang setara setidaknya tiga cangkir kopi. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan jika jumlah konsumsi kopi ini masih kurang aman dan sebaiknya dikurangi hingga 400 mg per hari saja atau sekitar dua gelas kopi per hari. Konsumsi kopi dengan kadar yang aman ini akan mampu membuat tubuh terlindungi dari berbagai penyakit layaknya penyakit parkinson tanpa membuat tubuh menjadi lesu karena kecanduan oleh kopi.

Baca Juga:  Cedera Olah Raga