Kecanduan Junk Food? Anda Mungkin Bisa Melakukan hal Berikut

DokterSehat.Com – Salah satu kebiasaan buruk yang disukai oleh banyak orang, khususnya anak muda jaman sekarang adalah mengkonsumsi junk food atau makanan cepat saji. Banyak kalangan anak muda memilih makanan cepat saji sebagai makanan yang menemani waktu bersama dengan teman-teman atau bahkan sekadar sebagai camilan saat menonton televisi. Makanan cepat saji sendiri memang cenderung sangat enak untuk dikonsumsi sehingga bisa menyebabkan ketagihan. Yang menjadi masalah adalah, junk food memiliki kandungan lemak jahat, garam, kalori, dan juga gula yang sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan jantung. Adakah cara untuk membuat ketagihan pada junk food ini bisa teratasi?

doktersehat-fast-food-junk-makanan-cepat-saji-kanker-nugget-pizza-kehamilan

Andai kita telah kecanduan makanan cepat saji, maka kita pun harus mulai mengurangi candu ini secara bertahap. Sebagai contoh, kita bisa mulai mengkonsumsi makanan yang jauh lebih sehat secara bertahap. Jika kita termasuk orang yang menyukai makanan kaya lemak layaknya french fries atau keripik, cobalah untuk menggantinya dengan makanan yang lebih sehat layaknya tahu. Andai anda sangat menyukai pizza, cobalah untuk mulai mengkonsumsi pizza dengan topping yang lebih sehat layaknya sayuran sehingga anda pun bisa sedikit demi sedikit mulai mengkonsumsi makanan sehat. Kita juga bisa mulai mengkombinasikan beberapa makanan yang enak dengan makanan yang lebih sehat. Sebagai contoh, coklat hitam yang manis dan nikmat bisa kita sajikan bersama dengan buah stroberi yang sangat sehat.

Kecanduan makanan cepat saji bisa sangat menyiksa karena kita akan menginginkannya setiap saat. Pakar kesehatan sendiri menyarankan agar kita mulai memberikan batasan mengkonsumsi makanan cepat saji agar kita sedikit demi sedikit bisa menguranginya. Selain membatasi frekuensi konsumsi makanan cepat saji, kita juga bisa mengurangi asupan minuman bersoda pada awalnya sehingga lama kelamaan kita bisa melepaskan candu pada makanan cepat saji ini.

Baca Juga:  Hal-Hal Sepele Yang Bisa Menyebabkan Rambut Menjadi Tidak Sehat

Kita sendiri harus mulai memperhatikan makanan apa yang kita makan. Sebagai contoh, mengkonsumsi camilan layaknya keripik atau french fries bersama dengan menonton televisi akan membuat konsumsi makanan cepat saji sangat banyak tanpa kita sadari. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan dengan fokus tanpa gangguan lain layaknya televisi sehingga kita pun bisa mulai mengurangi makanan dengan kandungan gizi buruk sedikit demi sedikit.