Sebelum Berpuasa Penuhi Kebutuhan Vitamin C dan Zinc

doktersehat vitamin c saat puasa

DokterSehat.Com – Sebelum memulai puasa seharian penuh dari sebelum Subuh sampai akhirnya Magrib tiba, seseorang harus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya. Karena kebutuhan ini tidak bisa didapatkan saat siang, seseorang harus mendapatkannya saat sahur dari makanan atau dari suplemen oral yang dimakan sebelum imsak.

Nah, salah satu vitamin dan mineral yang harus dipenuhi saat sahur adalah Vitamin C dan juga Zinc. Mengapa harus dua zat itu? Simak ulasan di bawah ini.

Peran Vitamin C dan Zinc untuk tubuh

Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh berperan sebagai salah satu pendukung kekebalan tubuh. Dengan kemampuan ini seseorang yang sedang puasa tidak akan gampang sakit. Selanjutnya kesehatan kardiovaskular, mata, dan kulit juga terjaga dengan baik sehingga saat puasa tidak akan ada masalah kesehatan yang datang. Terakhir, Vitamin C juga meningkatkan penyerapan zat besi sehingga anemia bisa dicegah.

Sementara itu peran zinc saat puasa adalah menghindari terjadinya rasa lemas dan lunglai. Zat aktif ini juga berperan dalam menangkal radikal bebas kalau digabungkan dengan Vitamin C. Bisa dibilang duet vitamin dan mineral ini akan menjaga kesehatan tubuh dari awal puasa hingga akhirnya tiba saat berbuka.

Sumber Vitamin C dan Zinc

Untuk mendapatkan Vitamin C dan juga Zinc, Anda bisa mengonsumsi langsung buah, sayur, dan beberapa sumber protein. Buah dan sayur yang mengandung Vitamin C terdiri dari jeruk, jambu merah, kiwi, mangga, nanas, lemon, dan buah lain yang memiliki rasa asam. Selanjutnya untuk sayur bisa didapatkan dari brokoli bunga kol, dan paprika merah.

Sumber dari Zinc adalah tiram, kepiting, daging ayam, kacang-kacangan , jamur, dan olahan susu seperti yoghurt serta keju.

Mau puasa kuat dari awal sampai akhirnya, jangan lupakan nutrisi ini dai menu sahur ya!

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik