Kenali Penyebab Kebotakan Pada Rambut

DokterSehat.Com – Salah satu masalah yang kerap menghinggapi pria dewasa adalah masalah kebotakan pada rambut. Pria dewasa pada usia 30an hingga 60an akan mengalami resiko yang cukup besar mendapatkan kebotakan. Disamping memberikan kehilangan rasa percaya diri, kebotakan juga bisa membuat perubahan yang cukup signifikan pada penampilan fisik. Banyak penelitian di negara maju layaknya Inggris yang mengungkapkan bahwa lebih dari 40 persen pria bisa mengalami kebotakan di usia pertengahan 30 tahunan. Apakah anda juga termasuk pria yang mengalami masalah kebotakan?

doktersehat-rambut-rontok-botak-kebotakan-alopecia

Kebotakan biasanya disebabkan oleh faktor keturunan dimana hormon dihidrotestosteron yang berada di kulit kepala mengalami sensitifitas yang berlebihan. Kepekaan berlebihan pada hormon inilah yang menyebabkan penyusutan signifikan pada folikel rambut sehingga siklus pertumbuhan rambut pun menjadi lebih pendek dan bahkan bisa benar-benar berhenti menumbuhkan rambut dan menyebabkan kebotakan pada kepala. Biasanya, kebotakan bisa dilihat dari semakin mundurnya garis rambut yang terdapat pada dahi dan ditambah dengan masalah kerontokan rambut yang sanagt hebat. Lama-kelamaan, area mahkota atau atas kepala juga mengalami penipisan rambut dan pada akhirnya hanya menyisakan bagian rambut di sisi kanan dan kiri atau bahkan habis dengan sempurna.

Selain karena faktor keturunan, faktor stress, kesalahan perawatan rambut dan kepala, serta pola makan yang buruk juga bisa menyebabkan kebotakan, meskipun persentasenya tergolong sangat rendah. Jika anda ingin mengobati masalah kebotakan ini, ada baiknya anda harus segera bertindak saat rambut masih dalam fase mengalami kerontokan, bukannya bukan saat sudah benar-benar habis. Obat dengan jenis finasteride diyakini bisa menjadi obat bagi masalah kerontokan yang sangat efektif, meskipun pengobatannya bisa memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 3 bulan atau lebih. Satu hal yang pasti, jika kita tidak melakukan terapi pengobatan dengan cukup, rambut yang pada awalnya sudah membaik kondisinya akan segera kembali mengalami kerontokan setelah sekitar 6 hingga 12 bulan.