Kebisingan Dapat Mempengaruhi Kesehatan Jantung

DokterSehat.Com – Anda mungkin pernah merasa jengkel dan juga merasa kesal ketika suara klakson mobil terdengar terus menerus. Selain itu, terkadang kita juga tidak akan merasa nyaman ketika kita mendengar suara mobil ambulans ataupun mobil polisi. Ternyata hal tersebut bisa mempengaruhi fungsi jantung dalam jangka pendek apabila sering terjadi setiap harinya, sebuah penelitian menunjukkan.

11

Penelitian ini melibatkan 110 orang dewasa di mana mereka juga dibekali dengan monitor jantung portabel. Para peneliti menemukan jika detak jantung seseorang cenderung meningkat saat mendengar suatu kebisingan, walaupun kebisingan tersebut berada di level yang rendah sekalipun (di bawah 65 desibel).

Semakin besar perubahan detak jantung seseorang berdasarkan intervalnya, maka semakin baik pula detak jantungnya. Saat seseorang merasa nyaman dan rileks, jarak antar detak jantung biasanya lebih pendek ketika mereka menarik napas dan lebih lama ketika mereka menghembuskan napas. Sebaliknya, ketika seseorang mengalami stress, perubahan natural tersebut akan menghilang.

Beberapa penelitian sebelumnya juga telah menemukan bahwa semakin kecil perubahan detak jantung seseorang akan berimbas pada meningkatnya risiko penyakit jantung. Meskipun demikian, para ahli mengatakan anda tidak perlu repot-repot memakai earphone di telinga hanya demi menghindari kebisingan. Hasil penelitian ini diterbitkan pada jurnal Enviromental Health Perspectives bulan Mei 2013.

Seorang peneliti dari Karolinska Institute, Stockholm, Swedia, Charlotta Eriksson mengatakan bahwa dampak dari kebisingan yang dialami setiap hari terhadap kesehatan jantung seseorang bisa saja rendah. Hal ini dikarenakan hampir semua manusia kemungkinan besar terpapar oleh kebisingan setiap harinya. Namun, walaupun efeknya kecil terhadap kesehatan jantung, hal ini menjadi sangat penting ketika berhubungan dengan tingkat populasi. Eriksson yang tidak terlibat dalam penelitian ini juga telah melakukan penelitian tentang dampak lalu lintas yang bising di bandara dan jalan raya terhadap fungsi jantung seseorang dan tekanan darahnya.

Baca Juga:  Cara Agar Jantung Anak Tetap Sehat

Di lain tempat, Dr. Wengi Gan, seorang peneliti dari Feinstein Institute for Medical Research, mengatakan bahwa secara konsisten para peneliti telah menemukan keterkaitan antara kebisingan tempat kerja dengan meningkatnya risiko penyakit jantung. Menurut Dr. Wengi Gan yang risetnya menunjukkan hubungan tersebut, bukti-bukti itu akan semakin kuat saat mencapai ‘kebisingan komunitas’, contohnya adalah suara lalu-lintas.