Kebiasaan Yang Kurang Baik Bagi Kaki

DokterSehat.Com – Jika kita menyadari, kaki adalah salah satu bagian tubuh yang kerap kali tidak kita perhatikan dengan baik kesehatannya. Sebagai contoh, saat anda mandi, pernahkan anda benar-benar membersihkan kaki dengan sabun dengan cara yang benar? Padahal, kaki adalah salah satu bagian tubuh yang sangat sibuk karena dipakai untuk berdiri, berjalan kaki, atau bahkan berlari dan menendang. Saat manusia berusia 50 tahun saja tercatat setidaknya kaki telah kita bawa berjalan kaki hingga lebih dari 70.000 mil. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tentu lebih baik dalam memperhatikan kesehatan kaki dan tidak melakukan kegiatan yang menyakiti kaki seperti sebagai berikut.

doktersehat-varises

Menggunakan sepatu hak tinggi adalah kegiatan yang paling banyak berpotensi menyakiti kaki. Memang, sepatu hak tinggi akan bisa membuat tampilan kaum hawa menjadi jauh lebih menarik. Sayangnya, pemakaian sepatu hak tinggi yang terlalu sering bisa membuat postur tubuh menjadi terganggu. Tercatat, selain resiko membuat masalah pada tulang belakang yang meningkat, kebiasaan memakai sepatu hak tinggi ternyata bisa memicu bunions, semacam tonjolan pada persendian di area bawah jempol kaki.

Kebiasaan kedua yang berpotensi menyakit kaki adalah seringnya kita melepas alas kaki layaknya sepatu saat berlari atau melakukan olahraga lain layaknya sepakbola. Beberapa orang merasa kurang nyaman saat berolahraga dengan memakai sepatu karena faktor kebiasaan sejak kecil. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan ini bisa memicu masalah pada otot-otot dan tendon kaki. Selain itu, resiko kaki terluka karena permukaan tanah yang bisa jadi tidak rata atau runcing juga mengintai mereka yang tidak memakai alas kaki.

Selain itu, jika kita mencermati, banyak orang yang tidak memakai kaus kaki meskipun sudah memakai sepatu. Memang, hal ini merupakan sebuah trend namun ada baiknya tidak dilakukan kaerna ternyata bisa memicu jamur menghinggapi kaki dan pada akhirnya akan membuat kaki terkena masalah pada kulit layaknya gatal-gatal.

Baca Juga:  Ini Alasan Mengapa Terkadang Kita Kerap Merasa Kedinginan

Beberapa orang juga akan memaksakan kakinya untuk melakukan berbagai gerakan olahraga yang terlalu keras layaknya dengan mengangkat beban yang sangat berat. Jangan paksakan kaki untuk bekerja terlalu keras karna bisa memicu cedera yang tentu akan mempengaruhi kegiatan sehari-hari.