kebiasaan Untuk Menghindari Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Menjalani gaya hidup sehat adalah kunci utama dalam mencegah datangnya penyakit. Beberapa penelitian menunjukkan, penerapan pola hidup yang sehat, aktif dan seimbang mampu menjauhkan seseorang dari ancaman penyakit mengerikan seperti kanker.



Bagi kaum Hawa, salah satu jenis kanker yang menjadi momok adalah kanker payudara. Kanker ini adalah perenggut nyawa paling kejam setelah kanker leher rahim. Di Indonesia,  prevalensi kanker payudara mencapai 26 per 100.000 penduduk. Artinya dari 100.000 penduduk, terdapat 26 perempuan terkena kanker payudara.

Kanker payudara bisa timbul akibat berkembangnya sel kanker secara abnormal di derah payudara, jika ditemukan secara dini kanker ini dapat disembuhkan dengan cepat jika stadium lanjut maka tingkat sembuhan nya akan sulit. Banyak hal yang bisa memicu kanker payudara entah karena lingkungan atau genetik, berikut ini adalah kebiasaan yang harus anda hilangi agar anda tidak terkena kanker payudara :

1. Tidur sedikit
Jika anda kurang tidur pada malam hari itu akan berdampak pada kesehatan anda dan akan membuat anda sulit konsentrasi atau melakukan aktifitas keesokan harinya, tidur sedikit juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Kalau anda harus terpaksa tidur sedikit cobalah untuk mengkonsumsi Multi Vitamin agar kesehatan anda terjaga.

2. Konsumsi Wine
Dengan minum segelas wine setiap harinya maka anda akan terhindar dari berbagai penyakit, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan penyakit, salah satunya kanker payudara. Sebuah studi mengatakan bahwa minum wine sebanyak 7-14 gelas dalam seminggu maka akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara hingga 60 %.

3. Bermalas malasan
Istirahat atau bersantai di sebuah sofa memang hal yang dibutuhkan ketika tubuh sudah menjalani aktifitas seharian. Terlalu sering juga tidak baik untunk kesehatan maka akan berdampak buruk, dan salah satunya meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Ada baiknya anda istirahat sebentar di sofa dan berolahraga karena berolah raga terbukti dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.