Kebiasaan Setelah Makan Ini Sangat Berbahaya, Nomor 3 Sangat Sering Kita Lakukan

DokterSehat.Com– Apa yang akan anda lakukan setelah makan? Kebanyakan orang akan duduk-duduk santai sambil mengobrol atau menonton televisi agar makanan bisa “turun” dengan baik. Selain itu, ada pula kebiasaan lain yang kerap kita lakukan setelah makan yang tanpa disadari ternyata berbahaya bagi kesehatan. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

doktersehat-makan-bersama

Tidur
Sehabis makan datanglah rasa kantuk. Banyak orang yang mengalaminya segera setelah selesai menyantap makan siang. Yang menjadi masalah adalah, kebiasaan tidur setelah makan ini bisa membuat saluran pencernaan tidak mencerna makanan dengan efektif dan akhirnya menyebabkan masalah perut kembung dan kenaikan berat badan. Bahkan, laman kesehatan boldsky menyebutkan bahwa kebiasaan tidur setelah makan bisa meningkatkan resiko stroke.

Merokok
Banyak orang yang mengaku mulutnya terasa pahit jika tidak merokok setelah makan. Padahal, kebiasaan ini bisa mengganggu penyerapan vitamin dan mineral dari makanan yang kita konsumsi. Tak hanya itu, merokok jelas-jelas akan membuat tubuh menyerap berbagai racun dan kandungan kimia berbahaya yang bisa memicu datangnya penyakit mematikan.

Minum teh
Minuman yang paling sering dipesan saat makan di restoran atau warung ini ternyata sangat tidak baik untuk dikonsumsi setelah makan. Hal ini disebabkan oleh kandungan polifenol pada teh yang bisa mengganggu proses penyerapan zat besi dari makanan. Hal ini tentu bisa memicu masalah anemia.

Makan buah
Buah kerap kali dijadikan hidangan pencuci mulut. Padahal, hal ini justru bisa mengganggu proses pencernaan makanan. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa waktu paling tepat mengkonsumsi buah adalah sebelum makan berat atau saat perut masih dalam kondisi kosong.

Berolahraga
Berolahraga setelah makan bisa membuat perut terasa tidak nyaman dan akhirnya olahraga pun tidak akan bisa dilakukan dengan maksimal.