Kebiasaan Sepele Ini Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal, yang Terakhir Sangat Sering Kita Lakukan!

DokterSehat.com – Banyak orang yang cenderung menyepelekan kesehatan organ ginjal. Padahal, organ ini memiliki peran yang sangat penting dalam membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat-zat berbahaya yang bisa membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut adalah berbagai kebiasaan sehari-hari yang ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal.

kebiasaan-sepele-ini-menyebabkan-masalah-ginjal

1. Terlalu banyak mengkonsumsi garam
Banyak orang yang berpikir jika tanpa adanya garam, maka makanan akan terasa lebih hambar dan tidak nikmat saat disantap. Padahal, jika kita bisa mengatur racikan bumbu dengan baik, kita bisa tetap memasak makanan dengan rasa yang nikmat meski hanya memiliki sedikit garam atau bahkan tanpa garam sama sekali. Jika kita mengkonsumsi garam dengan berlebihan, maka ginjal akan bekerja terlalu keras saat menyaringnya sehingga bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada ginjal, gangguan kencing, sakit perut, dan pusing-pusing.

2. Mengkonsumsi pain killer
Demi mengatasi rasa sakit atau nyeri, cukup banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi pain killer dalam waktu yang lama. Memang, obat ini bisa meredakan rasa sakit. Namun, konsumsi obat ini dalam jangka panjang bisa membuat fungsi ginjal semakin melemah dan jika hal ini dibiarkan, resiko terkena gagal ginjal pun meningkat.

3. Terlalu sering mengkonsumsi daging
Meskipun terasa enak, ada baiknya kita tidak terlalu sering makan daging karena jika kita melakukannya, kita akan mengkonsumsi protein dengan berlebihan yang bisa memicu kelebihan asam. Jika hal ini terjadi, maka ginjal akan kesulitan untuk menyeimbangkan kembali kadar asam dalam tubuh dan akhirnya mengalami kerusakan.

4. Mengkonsumsi minuman bersoda
Dua porsi minuman bersoda dalam sehari akan meningkatkan resiko terkena gangguan ginjal hingga 30 persen lebih besar. Selain karena pewarna, kandungan kimia lainnya dalam minuman bersoda akan sulit untuk diolah Ginjal dan dapat menyebabkan komplikasi penyakit pada organ tubuh lainnya.

Baca Juga:  Benarkah Penderita Gagal Ginjal Tidak Boleh Makan Pisang?

5. Tidak mencukupi kebutuhan air putih
Jika kita tidak memenuhi asupan air putih dalam sehari, maka tubuh akan kekurangan cairan dan memaksa ginjal bekerja dengan lebih berat. Jika berlanjut, kondisi ginjal yang bekerja diluar batas normal akan meningkatkan resiko penyakit ginjal dan berakibat pada gagal ginjal.