Kebiasaan Sehat di Pagi Hari Ini Bisa Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebutkan bahwa apa yang kita lakukan setelah bangun tidur di pagi hari bisa berpengaruh besar pada kesehatan kita sehari-hari. Jika kita rutin melakukan kebiasaan sehat, maka kita pun bisa membuat suasana hati lebih baik sekaligus meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Jika hal ini terjadi, maka kita pun akan lebih baik dalam mengendalikan atau bahkan menurunkan berat badan. Sebenarnya, kebiasaan apa saja yang sebaiknya kita lakukan di pagi hari jika kita ingin menurunkan berat badan?

doktersehat-meditasi-yoga-rileks

Menikmati sinar matahari pagi
Meskipun terlihat sepele, dalam realitanya cukup banyak orang yang tidak bisa menikmati sinar matahari pagi karena bangun kesiangan atau terlalu sibuk dalam bersiap sebelum melakukan berbagai aktifitas. Padahal, jika kita mau menyempatkan waktu 20 hingga 30 menit saja untuk menikmati sinar matahari, maka kita bisa mendapatkan asupan vitamin D yang ternyata bisa berpengaruh positif pada emosi, energi tubuh, hingga berbagai fungsi organ. Hal ini tentu akan membuat kita lebih bersemangat dalam melakukan berbagai hal positif layaknya melakukan olahraga atau mengkonsumsi makanan sehat. Tak hanya itu, paparan sinar matahari pagi ternyata juga bisa berpengaruh besar pada ritme sirkadian tubuh dan sistem metabolisme, dua hal yang berpengaruh besar bagi kesehatan dan berat badan kita.

Mengkonsumsi sarapan sehat dan kaya protein
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi sarapan sehat dan kaya protein di pagi hari agar otot-otot tubuh terjaga kesehatannya dan kita pun akan lebih kenyang dalam waktu yang lebih lama. Ada baiknya kita juga mengunyah makanan dengan santai dan perlahan sehingga kita pun tidak akan mudah lapar ataupun tertarik untuk mengkonsumsi camilan yang tidak sehat sebelum makan siang.

Baca Juga:  Kacang Tanah, Makanan Sehat yang Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Mandi air dingin
Tak disangka, mandi air dingin di pagi hari ternyata bisa membantu proses pembakaran kalori di dalam tubuh. Karena merasakan sensasi dingin, tubuh akan membakar kalori agar badan tetap dalam kondisi hangat. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk mandi air dingin sebelum sarapan agar kita juga bisa mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik.