Kebiasaan Sehari-Hari Ini Bisa Memicu Sakit Kepala

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang merasa terganggu aktifitasnya karena sakit kepala. Sebelum kita terburu-buru untuk minum obat, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab dari sakit kepala ini karena seringkali hal ini ternyata disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan.

doktersehat-pusing-vertigo

Kurang asupan air putih
Banyak orang yang terlalu sibuk bekeja sehingga lupa untuk minum air. Padahal, tubuh yang kekurangan asupan cairan yang cukup akan mengalami dehidrasi. Salah satu gejala dari dehidrasi adalah sakit kepala mengingat kondisi ini bisa memicu penyempitan pembuluh darah yang dilakukan tubuh demi mempertahankan cairan yang masih ada. Untuk mengatasi atau mencegah dehidrasi ini, cobalah untuk mengkonsumsi air dengan cukup yakni setidaknya 8 gelas per hari. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang sehat.

Kebiasaan tidur yang tidak baik
Mereka yang kurang tidur di malam hari cenderung lebih mudah mengalami sakit kepala. Fakta ini diungkapkan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kebiasaan tidur tidak sampai 6 jam di malam hari akan membuat sakit kepala lebih mudah muncul. Sebaliknya, tidur dengan berlebihan juga bisa memicu datangnya migrain.

Terlalu lama menatap layar komputer
Penyebab paling umum dari sakit kepala yang dialami manusia modern adalah terlalu menatap komputer. Bagi mereka yang bekerja seharian dengan menggunakan peralatan elektronik ini, ada baiknya kerap menyempatkan waktu berjalan-jalan atau meregangkan tubuh agar tidak selalu melihat layar komputer ini. Jika kita menatapnya terlalu lama, maka radiasi sekaligus kecerahan layar komputer akan membuat retina dan saraf mata sakit.

Mengikat rambut terlalu kencang
Penelitian yang dilakukan oleh The City of London Migraine Clinic menyebutkan bahwa kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang akan memicu sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh tingginya tekanan yang dialami oleh kepala karena adanya ikatan ini. Jika hal ini penyebabnya, lepaskanlah tali rambut dan gunakan bando saja yang lebih aman.