Kebiasaan Saat Sarapan Pagi Ini Bisa Membuat Berat Badan Naik

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mereka yang sering melewatkan sarapan cenderung lebih mudah mengalami masalah kelebihan berat badan. Namun, dalam realitanya, mereka yang masih terbiasa sarapan pagi juga bisa mengalami kenaikan berat badan. Hal ini seringkali disebabkan oleh kesalahan yang kita lakukan saat sarapan pagi seperti sebagai berikut.

doktersehat-brownies-untuk-sarapan

Minum kopi
Sebagian orang memilih untuk hanya minum kopi sebagai sarapan pagi. Padahal, pakar kesehatan nutrisi Krissy Kendall menyebutkan bahwa kopi sama sekali bukan sarapan yang ideal. Jika kita tidak sarapan dan hanya minum kopi saja, maka sistem metabolisme tubuh akan melambat dan nantinya akan membuat kita makan dengan porsi yang berlebihan. Hal ini tentu akan memicu masalah kenaikan berat badan, bukan?

Suka makanan manis
Makanan manis seperti muffin atau kue yang masih hangat memang akan sangat nikmat untuk dikonsumsi saat sarapan. Sayangnya, makanan ini kaya akan karbohidrat dan gula. Hal ini bisa membuat kita mengkonsumsi kalori dengan berlebihan dan akhirnya menaikkan berat badan.

Memakai mangkuk atau piring yang besar
Consumer Report pada tahun 2014 menyebutkan bahwa 92 persen orang ternyata memakai mangkuk atau piring dengan ukuran yang terlalu besar sehingga menuangkan sereal dan makanan lain dalam jumlah yang berlebihan saat sarapan. Hal ini ternyata bisa membuat kita mengkonsumsi kalori dengan berlebihan saat sarapan pagi.

Smoothie
Jika kita meminum smoothie dengan tambahan gula yang banyak di pagi hari, kita justru akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan.

Pakar kesehatan menyarankan kita mengkonsumsi sarapan pagi dengan kadar gizi yang seimbang dan porsi yang tidak berlebihan. Jangan lupakan protein atau serat yang bisa membantu perut tetap kenyang dan tubuh yang memiliki energi untuk melakukan aktifitas seharian.