Kebiasaan Ngupil Bisa Jadi Adalah Tanda Kelainan Pada Jiwa!

DokterSehat.Com – Mengupil adalah sebuah kebiasaan yang sangat umum untuk dilakukan semua orang. Dengan mengupil, kita bisa membersihkan rongga hidung dari berbagai kotoran yang bisa sangat mengganggu dan membuat hidung terasa gatal. Sayangnya, dibalik rasa lega karena mengupil ini, ngupil ternayta juga termasuk dalam gangguan kesehatan jiwa dan bahkan memiliki nama medis berupa rhinotillexomania. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sakit-flu

Mengupil sendiri sering dianggap sebagai kebiasaan yang sangat kurang sopan untuk dilakukan di depan umum dan beresiko bisa menyebabkan luka atau infeksi pada rongga hidung mengingat tangan yang digunakan untuk mengupil seringkali dalam kondisi yang tidak steril dan gesekan dengan jari ini bisa membuat rongga hidung mudah terluka. Sebuah penelitian yang dilakukan di Dane County, negara bagian Winconsin, Amerika Serikat menunjukkan fakta unik dimana sebagian besar masyarakat, yakni 75 persen dari 254 responden menyebutkan bahwa kebiasaan mengupil adalah hal yang wajar dan tetap dilakukan semua orang. Beberapa responden melaporkan bahwa kebiasan mengupil mereka bisa dilakukan setiap satu hingga dua jam sehari atau bahkan bisa mempengaruhi aktifitas hariannya.

Meskipun terlihat janggal, namun kebiasaan mengupil ternyata bisa memicu rasa ketagihan dan bahkan bisa mempengaruhi aktifitas harian. Hanya karena keinginan kuat merasakan sensasi lega saat mengupil, banyak orang yang pada akhirnya tidak mampu menyelesaikan pekerjaan atau aktifitas dengan tepat waktu. Rhonotillexomania sendiri bisa dijelaskan sebagai sebuah kebiasaan mengupil yang tanpa disadari akan terus dilakukan berulang-ulang dan susah untuk dikendalikan. Dengan adanya perilaku mengupil berlebihan, resiko rongga hidung untuk terkena infeksi tentu akan jauh lebih tinggi.

Untuk mengurangi kebiasaan mengupil, kita bisa mengoleskan krim berbau tajam layaknya berbau mint atau cengkeh sehingga jika tanpa sadar kita memasukkan jari ke dalam lubang hidung, kita pun akan mudah tersadar dan membatalkan aktifitas mengupil ini sehingga resiko rongga hidung terkena infeksi pun akan jauh menurun.